Pemkab Sumbawa Siap Dukung Program Kampung Sehat

Sumbawa, PSnews – Polres Sumbawa menggelar Apel kesiapsiagaan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 dan mensukseskan lomba Kapung Sehat, Selasa (14/7) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Apel dipimpin Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah bersama Kapolres Sumbawa – AKBP Widy Saputra SIK dan Dandim 1607/Sumbawa – Letkol. Inf. Samsul Huda, diikuti unsur tiga pilar Kecamatan dan Desa di Kabupaten Sumbawa. ‘’InsyaAllah kami Pemerintah Daerah, Kecamatan, hingga Desa siap mendukung dan menyukseskan program ini (Kampung Sehat),’’ kata Haji Mo – sapaan akrab Wabup.

Dijelaskan, apel kesiapsiagaan yang digelar ini pada dasarnya merupakan wujud komitmen dan kesiapan jajaran Polres Sumbawa bersama stakeholder lainnya dalam menekan penyebaran covid-19 dan mensukseskan lomba kampung sehat di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Menurutnya, program Kampung Sehat memiliki misi sosial yakni meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemi covid-19. Program ini dikemas dalam bentuk lomba agar warga berlomba menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran covid-19 di NTB, termasuk di Kabupaten Sumbawa.

Dilanjutkan, program ini sejalan dengan komitmen Pemda Sumbawa untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan sampai ke pelosok-pelosok. Mudah-mudahan dengan program kampung sehat ini, semakin maksimal dalam melawan pandemi covid-19. ‘’Mudah-mudahan kebiasaan baik masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat ini dapat terus diterapkan dan menjadi budaya dalam kehidupan di masa-masa mendatang,’’ tutur Wabup.

Sementara Kapolres Sumbawa – AKBP Widy Saputra SIK menjelaskan, kata “sehat” dalam program ini merupakan akronim dari Steril, Ekonomi Produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Melalui Lomba Kampung Sehat ini diharapkan menjadi solusi, bukan hanya di bidang kesehatan, melainkan juga sosial ekonomi, pendidikan, dan keamanan.

Dengan partisipasi penuh masyarakat, maka Lomba Kampung Sehat ini akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya, dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ‘’Masyarakat dapat membuat sendiri aturan mengenai protokol penanganan covid-19 sesuai kebutuhan kampungnya, dengan tetap menjunjung tinggi standar protokol kesehatan yang sudah ada,’’ tukasnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1607/Sumbawa – Letkol Inf Samsul Huda juga menyatakan dukungan dan apresiasinya terhadap program Kampung Sehat. Ia meminta kepada Babinsa yang Desa binaannya untuk mengikuti lomba ini dalam mendukung secara intesif guna mensukseskan program inisiasi Kapolda NTB dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ‘’Sinergitas TNI Polri tidak boleh berkurang dan kendor. Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bekerjasama dengan maksimal diwilayah binaannya. Salah satunya dengan meleksanakan patroli bersama, menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Niatkan apa yang kita laksanakan untuk masyarakat sebagai ibadah bagi kita semua,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment