Seleksi Tambahan Bacakades Dilaksanakan 14 Februari 2020

Sumbawa, PSnews – Dari 119 Desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini, terdapat 45 Desa di Kabupaten Sumbawa memiliki lebih dari 5 bakal calon kepala desa (Bacakades). Sehingga Pemda menerapkan seleksi tambahan bagi desa tersebut, untuk menentukan 5 calon Kepala Desa. Pelaksanaan seleksi dijadwalkan pertengahan Februari 2020.

Deden Firiyadi

Hal itu disampaikan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa – Deden Firiyadi kepada wartawan. Untuk menentukan siapa yang berhak melakukan seleksi tersebut, pihaknya sudah  melakukan penilaian terhadap tiga lembaga independen yang mengajukan permohonan. Ketiga lembaga tersebut yakni Lembaga Psikologi Big Idea, Pusat  Pengembangan Psikilogi Terapan UTS dan Fakultas Hukum UNSA. ‘’Ketiga lembaga ini sudah mengekspose  strategi pelaksanaan ujian seleksinya, metodenya, berapa tim yang terlibat, siapa saja tim ahlinya. Dari ekspose itu Tim Seleksi Kabupaten sudah mengantongi satu nama lembaga. Tinggal menunggu SK nya keluar,’’ tuturnya. 

Menurutnya, paling lambat awal Februari nama lembaga yang ditunjuk sudah diumumkan. Karena menurut jadwal yang telah ditetapkan, pada 14 Februari mereka akan menyelenggarakan seleksi tambahan tersebut.

Dalam kegiatan itu, tim independent akan melakukan seleksi terhadap 337 orang Bacakades dari total 619 orang peserta Pilkades . Rencananya tes tersebut dilaksanakan dua hari. ‘’Hasil seleksi kami serahkan sepenuhnya kepada lembaga independen yang ditunjuk tersebut,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *