Momentum Hardiknas, Sejumlah Sekolah Dapat Penghargaan

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah ke-XXIII tahun 2019 pada Kamis (2/5/2019) di halaman kantor Bupati Sumbawa. Dalam kegiatan itu, beberapa sekolah di Kabupaten Sumbawa diberikan penghargaan atas prestasi yang diperoleh.

Sebelum upacara berlangsung, Seksa Sumbawa – H Rasyidi pemberikan penghargaan kepada Camat Plampang, Camat Alas Barat, dan Camat Empang yang telah berhasil membina sekolah sehat menjadi juara 1 tingkat Kabupaten dan akan menjadi sekolah percontohan UKS. Dimana pada Bulan Juni mendatang akan mengikuti penilaian tingkat nasional yang diwakili oleh SDN Kerato dan TK Sari Asih. Pada kesempatan itu Sekda juga memberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada sekolah percontohan UKS kategori TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan diterima secara simbolis oleh juara 1 dari masing-masing kategori.

Mewakili Bupati Sumbawa menjadi Pembina upacara, H Rasyidi yang bakal memasuki purna tugas pada 1 Juni mendatang menyatakan, Hardiknas tahun 2019 mengambil tema “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”, mengajak semua pihak untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara, dan menjadikan momentum ini untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

Disampaikan juga, cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud dengan bekerja keras dan berdaya jelajah luas, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur pendidikan dan kebudayaan, juga penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga, dan multi arah, sehingga kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan senam hak anak Indonesia oleh guru dan anak-anak TK dan PAUD, serta peluncuran pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD.HI) yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa – Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, dan dilanjutkan dengan foto bersama, syair Samawa permohonan anak usia dini, dan senam hak anak Indonesia dan senam gernas baku. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *