Dokumen Belum Diserahkan, 13 Paket Proyek Belum Bisa Ditender

Sumbawa, PSnews – Sebanyak belasan paket proyek fisik dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum dapat ditender. Penyebabnya dokumen lelang belum diserahkan ke Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LBJP) Setda Sumbawa.

Kabag LPBJP Setda Sumbawa – Abdul Malik menyampaikan, target paket tender Kabupaten Sumbawa tahun 2018 ini sebanyak 104 setelah adanya penambahan. Dari target yang ada, 24 paket sedang dalam proses tender. Sisanya tinggal 13 paket yang belum ditender, yakni 9 dari APBD dan 4 dari DAK. Paket ini tersebar di sejumlah OPD dan dokumennya belum dimasukkan. ‘’Yang belum kita tender ada 13 paket. Diantaranya 4 dari DAK dan sisanya APBD,’’ ujarnya.

Dijelaskann, puluhan paket yang sedang proses tender diantaranya proyek irigasi, pasar, pembangunan puskesmas, dan pengadaan alat perhubungan. Jika sesuai dengan rencana, paket tersebut sudah ada pemenangnya akhir Juni mendatang. Sedangkan belasan paket yang belum ditender ada di sejumlah OPD. Dokumen paketnya belum dimasukkan karena alokasi perencanaanya dimasukkan pada tahun yang sama dengan fisik. Sehingga dilakukan perencanaan terlebih dahulu baru dilakukan lelang fisik. Meskipun demikian pihaknya menargetkan tender proyek yang ada tuntas pada Juli mendatang. ‘’Target kita, bulan Juli semua paket sudah selesai kami proses,’’ terang Malik.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada sejumlah OPD agar segera menyampaikan dokumen paket proyeknya. Supaya paket tersebut bisa segera ditender dan ditentukan pemenangnya. Karena jika tender dilakukan melwati bulan Juli, dikhawatirkan akan mempengaruhi proses pengerjaan fisik nantinya. ‘’Jika melewati bulan Juli dengan pelaksanaan fisik 4 bulan, maka pengerjaan selesai bulan Desember jika tidak ada tambahan waktu. Kami tidak menginginkan ada tambahan waktu sampai melewati tahun anggaran.  Harapan kami di tanggal 28 Desember semua kegiatan itu sudah kami anggap selesai, termasuk kalau ada tambahan waktu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *