Kinerja Kades di Moyo Utara Diapresiasi Kepala Daerah

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril dan Wakil Bupati – H Mahmud Abdullah memberikan apresiasi terhadap kinerja yang diberikan enam kepala desa (Kades) di Kecamatan Moyo Utara. Karena mereka telah menyelesaikan APBDes 2018 tepat waktu.

Bupati menilai, selesainya APBDes secara tepat waktu mencerminkan adanya kekompakan dan kebersamaan antara Pemerintah Desa dengan semua unsur yg ada di desa tersebut. Selain itu penyelesaian APBDes juga tidak lepas dari peran aktif Camat beserta jajarannya dalam proses perencanaan dan konsultasi, sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.
APBDes yang merupakan salah satu Peraturan Desa (Perdes) merupakan penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang undangan yang lebih tinggi dengan memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat desa setempat. Perdes dibentuk berdasarkan pada asas pembentukan peraturan perundang-undangan, seperti partisipatif, transparansi, akuntablitas, penegakan hukum, manfaat, efisiensi, dan efektifitas.

Bupati berharap, keberhasilan desa desa di Kecamatan Moyo Utara dalam menyelesaikan APBDes secara tepat waktu bisa menginspirasi desa desa lain se Kabupaten Sumbawa, sehingga secara bersama sama mampu meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Sementara Haji Mo – panggilan akrab Wabup, dalam upacara Senin pertama bulan Maret 2018 yang dirangkaikan dengan HUT Damkar ke-99 dilaksanakan pada Senin (5/3) di halaman Kantor Bupati Sumbawa menyatakan hal yang sama. Ia berharap, prestasi ini bisa menginspirasi para kepala desa lainnya di seluruh Kabupaten Sumbawa. Sebab dengan menyampaikan data APBDes tepat waktu, dapat menunjang peningkatan kinerja pemerintah daerah, sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat dari berbagai program pembangunan yang telah direncanakan. ‘’Melalui kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi terhadap para kepala desa di Kecamatan Moyo Utara yang telah menyampaikan data APBDes tahun 2018 dengan baik dan tepat waktu, yaitu Kepala Desa Songkar, Kukin, Baru Tahan, Pungkit, Sebewe, dan Kepala Desa Penyaring,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *