Tim Ahli Tinjau Lokasi Rencana Bendungan Beringin Sila

Sumbawa, PSnews – Untuk memastikan pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan, Tim ahli Bendungan dari Balai Bendungan Kementerian PUPR bersama Bupati Sumbawa, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I, melakukan tinjauan ke lokasi rencana bendungan dimaksud pada Selasa (20/2/2018). Dari hasil tinjauan tersebut, pembangunan bendungan “raksasa” ini rencananya dimulai pada pertengahan tahun 2018 ini.

Tenaga Ahli Bendungan Kementerian PUPR – Adi Suryo menyatakan, posisi bendungan Beringin Sila merupakan lokasi bendungan yang sangat bagus dan ideal. Proses pembangunan bendungan ini dan berbagai fasilitas penunjangnya diperkirakan memakan waktu sekitar tiga tahun. Bendungan yang memiliki garis tengah sepanjang 600 meter, dengan ketinggian air nantinya mencapai 93 meter ini dapat mengairi areal pertanian seluas 4000 hektar.

Sementara, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran BWS dan Pemerintah Pusat yang telah mempercepat proses terwujudnya bendungan Beringin Sila.

Menurut Haji Husni, bendungan tersebut telah menjadi dambaan masyarakat Kecamatan Utan dan Kabupaten Sumbawa sejak puluhan tahun yang lalu. Dengan beroperasinya bendungan tersebut nantinya, bukan sekedar menghidupkan program pertanian, tetapi bisa memberi player effect bagi pengembangan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *