Penanganan Jalan Provinsi di Sumbawa Ditargetkan Maret

Sumbawa, PSnews – Dari 956 kilometer panjang jalan Provinsi di Pulau Sumbawa, sekitar 450 Km berada di Kabupaten Sumbawa. Belakangan ini cukup banyak jalan provinsi di Sumbawa yang mengalami kerusakan, sehingga butuh penanganan segera.

Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Provinsi Wilayah Pulau Sumbawa – Jamaluddin yang ditemui media ini Senin (12/2/2018) mengakui terjadi kerusakan dibeberapa titik jalan provinsi di Kabupaten Sumbawa. ‘’Memang ruas jalan Provinsi dengan kondisi cuaca sekarang yang hujan cukup intens, ada beberapa titik- titik jalan yang longsor dan banyak lubang, daerah milik jalan (Damija) yang saluran drainasenya sudah mulai ditutupi sedimentasi,’’ ungkapnya.

Ia mencontohkan ruas Lenangguar – Lunyuk yang sekarang ditangani dengan system multy years. Itu masuk program percepatan dari Bidang Binamarga Dinas PUPR Provinsi NTB. Sementara ruas jalan Pal 4 (Simpang Boak) – Lenangguar, kondisinya berlubang dan digenangi air dibeberapa titik. Untuk saat ini ruas tersebut akan dilakukan penanganan sementara, dengan system menutup menggunakan LPA (Lapisan Pondasi Atas) yaitu campuran pasir, batu pecah, krikil, dan tanah. ‘’Itu penanganan sementara yang kita lakukan, supaya tidak telalu dalam lubangnya. Ketika dilalui oleh kendaraan roda empat atau dua, jadi tidak terlalu berbahaya,’’ terangnya.

Menurutnya, selain diakibatkan oleh kondisi cuaca, kerusakan itu juga disebabkan beratnya beban kendaraan yang melintas dijalan tersebut.

Terhadap kerusakan ini, pihaknya menargetkan akan melakukan penanganan pada Maret mendatang. Dengan menutup lubang yang ada menggunakan aspal. Bahkan dalam bulan ini sudah mulai dilakukan pembersihan damija dari rumput liar yang tumbuh dipinggir jalan. ‘’Mudahan bulan depan kita sudah mulai action khusus untuk pekerjaan pemeliharaan rutin,’’ demikian Jamal. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *