Senampar Bakal Dicanangkan Sebagai Dusun Kerajinan

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kecamatan Moyo Utara berencana mencanangkan Dusun Senampar Desa Sebewe sebagai Dusun Kerajinan. Sebab cukup banyak kegiatan kerajinan yang dijalankan masyarakat di wilayah setempat. 

Camat Moyo Utara – Tajuddin menyatakan, pengembangan pariwisata di wilayah tersebut kini mulai menggeliat pasca terlaksananya Festival Moyo Utara beberapa waktu lalu. “Potensi wisata di daerah kami sudah mulai kelihatan. Bahkan masyarakat kami turut membantu dalam pengembangan ini,’’ tuturnya kepada media ini.

Camat Moyo Utara ~ Tajuddin

Dicontohkan salah satu spot yang baru dikembangkan saat ini adalah Olat Cabe yang berlokasi di Desa Songkar. Di salah satu titik telah dibangun rumah pohon oleh Pemerintah Desa dan para pemuda setempat. “Jadi kalau ingin melihat Sumbawa tengah, maka naiklah ke Olat Cabe. Di sana ada rumah pohon. Itu spot wisata baru bagi masyarakat. Labu Sawo juga sudah ditata untuk wisata pantainya,’’ terang Tajuddin.

Kegiatan lain yang akan dilakukan yakni, pencanangan Dusun Senampar Desa Sebewe menjadi Dusun Kerajinan. Di wilayah tersebut cukup banyak penenun, pengrajin tepi, pengrajin topi, pembuat gendang, rebana dan lainnya. “Dengan adanya dana desa, ada keinginan itu harus ada satu desa satu produk, kami ingin mengaktualisasikan itu dengan mencanangkan sebuah dusun di Desa Sebewe yakni Desa Senampar itu, kita jadikan dusun kerajinan,’’ ujarnya.

Dengan pencanangan ini nantinya, tentu masyarakat akan mendapat perhatian juga dari Pemerintah Daerah. Terutama dari sisi permodalan, dan juga pasar. Bahkan BUMDEs Desa Sebewe siap membantu. “Apalagi ada keinginan Bupati, dimana kita disuruh untuk memproduksi kain yang untuk baju. Ini sudah kami bicarakan dengan masyarakat penenun kami, dan mereka sudah siap. Karena nanti semua pegawai itu akan pakai produk kita,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *