Sebelum Wisma Kebakaran, Listrik Padam dan Nyala Beberapa Kali

Sumbawa, PSnews – Masyarakat Kabupaten Sumbawa dikejutkan dengan kejadian kebakaran yang menimpa Wisma Daerah Sumbawa atau dikenal juga Bala Putih. Hampir seluruh bagian disalah satu bangunan bersejarah di Bumi Sabalong Samalewa ini ludes terbakar, terutama bagian atap dan lantai dua bangunan.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (11/7/2017) sekitar pukul 10.00 wita. Menurut beberapa saksi mata, api mulai muncul disebelah timur bangunan dan langsung menjalar ke bagian atap yang sebagian besar berbahan kayu. Dalam kejadian ini, tampak diantara kerumunan warga yang berdatangan ada Wakil Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, Sekda H Rasyidi serta pejabat daerah lainnya yang tidak bisa berbuat banyak. Ada pula Ketua dan Sekretaris Majelis Adat LATS Sumbawa yang tetap membangun komunikasi dengan Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV.

Mobil pemadam kebakaran milik Pemda Sumbawa saling bergantian masuk ke lokasi Wisma untuk memadamkan api yang sudah membesar. Selain itu ada pula perbantuan dari water canon milik Polres Sumbawa dan mobil pemadam kebakaran milik Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin yang di backup pula dengan beberapa mobil tanki milik Pemda untuk menyuplai air ke mobil damkar. Hampir dua jam petugas pemadam kebakaran bersama anggota Polres dan Satpol PP Sumbawa berusaha memadamkan api.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab dari terbakarnya bangunan bersejarah kebanggaan masyarakat Kabupaten Sumbawa tersebut. Meski ada beberapa orang yang menduga kebakaran itu akibat arus pendek listrik, sebab sebelum kejadian, di wilayah kota Sumbawa Besar sempat terjadi byar pett (listrik padam – nyala beberapa kali) dalam waktu yang singkat. Apalagi pada saat itu tidak ada kegiatan masak – memasak di dalam Wisma Daerah. “Sejauh ini kita belum bisa berkata banyak. Itu akan dilakukan penyelidikan dan penghitungan kerugian material. Tadi malam masih ada jamuan makan malam terhadap rombongan Ketua MPR, Wakil Ketua DPR RI. Cuma tidak ada kegiatan masak-memasak di dalam Wisma sampai pagi ini. Kita tidak bisa memastikan juga dengan byar pett, yang jelas memang sebelum kebakaran, beberapa kali padam nyala listrik,’’ terang Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – M Lutfhi Makki kepada wartawan.

Bangunan Wisma Praja pasca dilalap api

Hal senada disampaikan Kabag Umum Setda Sumbawa –Arfansyah. Ia mengaku setelah mendapat laporan terkait kebakaran itu, langsung menghubungi pemadam kebakaran dan anggota Satpol PP untuk merapat ke lokasi. Seluruh potensi yang dimiliki Pemda dikerahkan, termasuk mobil tanki yang ada. Ia juga mengungkapkan sebagian besar benda yang ada di dalam Wisma merupakan peralatan untuk menjamu tamu, seperti meja, kursi, tempat tidur serta lainnya. Termasuk ada pula tabung pemadam sebanyak tiga buah. “Mungkin karena panik, makanya petugas yang ada di sana tidak sempat menggunakan tabung pemadam itu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.