Tiu Sabangka Alas Barat Disiapkan Jadi Destinasi Wisata

Sumbawa, PSnews – Potensi wisata di Kabupaten Sumbawa nampaknya tidak ada habisnya. Hampir di setiap kecamatan memiliki daerah wisata yang patut untuk dikembangkan. Baik wisata pegunungan, wisata pantai, wisata budaya serta lainnya.

Bahkan keberadaan Tiu Sabangka di Kecamatan Alas Barat, dinilai pantas untuk dijadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Sumbawa. Pemerintah Kecamatan setempat pun mengaku siap menggarap Tiu Sabangka. Tentunya harus juga ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa. “Kami disini (Alas Barat) ada Tiu Sabangka. Potensi airnya sangat luar biasa,’’ ungkap Camat Alas Barat – Junaidi kepada media ini.

Dipaparkan, lokasi Tiu Sabangka berada di Desa Mapin Rea. Potensi airnya sangat bagus, bahkan dimusim kemaraupun masih mengalir. Tiu ini bisa mengairi lahan pertanian di sejumlah Desa, Seperti Desa Mapin Rea, Mapin Kebak, Mapin Beru, sebagian Usar Mapin, bahkan sebagian juga di Labuhan Mapin walaupun lahannya tidak begitu luas. “Kami ingin Tiu Sabangka ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata,’’ tuturnya.

Camat Alas Barat – Junaidi

Yang menjadi kendala saat ini, lanjut Junaidi, akses jalan menuju lokasi Tiu Sabangka cukup sulit. Artinya kondisinya masih rusak parah sekitar 2 kilometer, mulai dari pusat Deas Mapin Rea ke lokasi Tiu Sabangka. Aksesnya sudah ada, yang dikerjakan oleh Pemerintah Desa setempat. “Sudah banyak masyarakat setempat yang kesana. Hanya saja, akses jalannya masih butuh sentuhan. Kami harapkan dukungan Pemerintah Daerah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *