Kapolres Minta Penambangan Emas Ilegal di Alas Dihentikan

Sumbawa, PSnews – Pasca dilakukan penertiban oleh tim operasi gabungan beberapa bulan lalu, aktifitas tambang emas tradisional atau Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kecamatan Alas kembali berlangsung. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad Suhanda SIK kepada wartawan, Jumat (23/12).

Menurut Kapolres, dari hasil pengecekan yang dilakukan Polsek setempat, aktifitas yang ada masih dalam tahap wajar sebab dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat. Kendati demikian, ia mengaku sudah memerintahkan Kapolsek untuk membangun koordinasi dengan Camat, Danramil dan tokoh masyarakat setempat, untuk memberikan pengertian kepada masyarakat supaya aktifitas tersebut tidak lagi dilakukan.

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad Suhanda SIK

“Walaupun lokasinya berada di tanah masyarakat, tapi dikhawatirkan dampak yang ditimbulkannya karena mengandung bahan kimia serta limbah yang sangat berbahaya,” tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan anggotanya agar tidak terlibat apalagi membackingi aktifitas PETI di Alas dan wilayah lainnya. “Jika hal itu terjadi, maka anggota tersebut akan ditindak tegas,” tandasnya. (PSj)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *