Warga Lingkungan Karang Bage Butuh Jalan Lebar

Sumbawa, PSnews – Masyarakat di Lingkungan Karang Bage Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa merasakan cukup kesulitan terhadap akses keluar-masuknya kendaraan di wilayah setempat. Sementara jalan lingkungan di daerah itu sangat sempit dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Warga mengaku sangat membutuhkan adanya jalan yang cukup lebar, yang bisa mengakses sampai ke dalam kampung.

Kamaluddin ST sedang menyerap aspirasi warga Karang Bage Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa
Kamaluddin ST sedang menyerap aspirasi warga Karang Bage Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa

Kondisi ini disampaikan Tokoh Masyarakat setempat – M Tahir Akhmad kepada Wakil Ketua DPRD Sumbawa – Kamaluddin yang sedang mengadakan reses. Mantan Ketua RT ini mengungkapkan fakta sejarah, bahwa lingkungan padat penduduk ini sering dilanda musibah kebakaran. Warga terpaksa menggunakan alat seadanya untuk memadamkan api. Karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk, akibat tidak adanya akses jalan menuju ke dalam kampung. Akibatnya kerugian yang disebabkan dari bencana tersebut cukup besar.

“Kalau kebakaran, untuk pertolongan setengah mati, hanya bisa dilakukan seadanya oleh warga. Pernah sampai 24 rumah terbakar dalam 21 menit. Karena tidak ada jalan besar menuju kebelakang, mobil pemadam tidak bisa masuk,’’ tuturnya.

Untuk itu, Ia mengusulkan pembangunan jalan yang bisa dilalui roda empat di lingkungannya, yakni jalan tembus dari Jembatan Kerangka Baja Bugis menuju Karang Bage dengan menyusuri bantaran sungai.

“Kami mohon pembukaan jalan agar bisa masuk kendaraan roda empat dilingkungan kami ini,’’ harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT. 02 RW. 02 Lingkungan Karang Bage – Hermansyah meminta perbaikan jalan dari “Dokter Gigi Endang” karena merupakan jalan alternatif yang kerap dilalui roda empat. Selain itu pemasangan paving block di jalan lingkungan untuk mengatasi kesan kekumuhan.

Menanggapi itu, Kamaluddin langsung menyanggupi untuk merealisasikan aspirasi warga setempat terutama untuk perbaikan jalan dan pemasangan paving block. Sementara terhadap keinginan adanya jalan tembus Jembatan Bugis — Karang Bage, akan diupayakan asalkan masyarakat ikut berpartisipasi untuk mengorbankan lahannya jika dibutuhkan. “Insya Allah kita akan berupaya untuk mengatasi semua persoalan masyarakat,’’ pungkasnya.

Ikut hadir pada reses Kamaluddin ini, antara lain Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa Arahman Alamudy, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad Suhanda SIK, Camat Sumbawa Varian Bintoro, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *