DED Pasar Induk Sedang Ditender

Sumbawa, PSnews – Rencana Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk mewujudkan pendirian pasar induk terus digenjot. Dimana saat ini Pemkab setemat melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sedang melakukan tender Detail Engineering Design (DED) terhadap lokasi pasar yang akan dibangun di belakang Teminal Sumer Payung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa – Arief kepada Pulau Sumbawa News Selasa (18/10/2016). Sebelum ini memasuki tahap tender, terlebih dahulu dilakukan penayangan pada 12 Oktober 2016 lalu melalui ULP. Nilai tender untuk DED ini sekitar Rp 300 juta.

Dengan dilakukannya tender DED ini, lanjut Arief, pihaknya berharap akan mendapatkan pemenang kontraktor perencanaan yang betul-betul memenuhi harapan. Sehingga pada 2017 nanti bisa dilanjutkan dengan pengerjaan konstruksi fisiknya.

Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan pasar induk ini sekitar Rp 75 miliar. Sementara untuk pembangunan awal pasar induk ini disediakan sebesar Rp 40 miliar dari APBD Kabupaten Sumbawa. Nantinya akan ada penambahan dana dari Kementerian Perdagangan RI. Namun penambahan dana baru dilakukan setelah pembangunan awal yang dianggarkan Pemda selesai.
“Skenario pembangunannya ini sampai tiga tahun kedepan. Sampai itu benar-benar ideal bisa digunakan,’’ terangnya.

Dengan dibangunnya pasar induk ini, maka sudah memenuhi kriteria penting, bahwa ada keterikatan dan harmonisasi antara kebutuhan masyarakat. Dimana dalam lokasi yang berdekatan ada terminal sebagai lokasi transportasi regional dan pasar induk yang juga menjadi kebutuhan masyarakat. “Pengembangannya memang di zona itu, sebab Pasar Seketeng sudah tidak bisa lagi dikembangkan,’’ terangnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *