Pemkab Sumbawa Terima Bantuan Perangkat Komputer dari Kemenkominfo

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat bantuan hibah beberapa unit perangkat komputer dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. Bantuan ini bertujuan untuk menunjang kinerja media center di Pemda. 
Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – Rachman Ansori yang ditemui Kamis (29/9/2016), menjelaskan, bantuan hibah ini berawal dari proposal yang disampaikan Pemda melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa ke Pemerintah Pusat pada 2014 lalu. Tujuannya untuk memperlancar penyebaran informasi, dimana Pemda memfasilitasinya dengan membentuk media center. “Ini juga sesuai dengan era keterbukaan publik, makanya Pemerintah memfasilitasi dengan media center ini,’’ terangnya.

Sebelumnya, pihak Kemenkominfo RI sudah datang ke Sumbawa guna melakukan survey terkait proposal dimaksud. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Pusat merealisasikan usulan Pemda Sumbawa terebut dengan mengirimkan sarana pendukung media center.
Adapun bantuan yang dikirim terdiri dari perangkat komputer lengkap, termasuk printer, modem dan lainnya. Mesi demikian alat ini belum bisa dipakai lantaran harus menunggu kedatangan teknisi dari Kementerian untuk memasang seluruh perangkat. “Nantinya ketika ini sudah bisa dipakai, kita berkewajiban untuk setiap saat menyampaikan informasi kepada Pemerintah Pusat juga menjadi media untuk penyampaian informasi ke tingkat bawah. Artinya ke SKPD, Kecamatan, dan mudah-mudahan sampai ke desa apabila jangkauan jaringan internetnya sudah sampai ke bawah,’’ paparnya.

Diungkapkan, media center ini akan dilengkapi dengan jaringan internet khusus. Pihaknya akan membagi jaringan ini dengan yang sudah dan kini dipakai oleh website Pemda Sumbawa  sumbawakab.go.id. ‘’Kita tetap dalam satu naungan, cuma pemisahan di jalur pemakaian internetnya saja yang tahun ini salah satunya juga dikasih bandwith gratis oleh Kementrian. Sehingga kita bisa membangun jaringan bersama dengan Dishubkominfo untuk membagi jaringan mana yang ke SKPD, Kecamatan dan sebagainya. Sehingga akan mempercepat akses-akses informasi dari bawah. Termasuk media center ini dihajatkan agar dapat diakses oleh publik,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *