Perlu Dibentuk UPT Kelautan dan Perikanan di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sejumlah kewenangan yang sebelumnya dikelola oleh Kabupaten/Kota, kini diambil alih Pemerintah Provinsi, seperti soal Kelautan dan Perikanan, termasuk Kehutanan. Untuk itu, Pemda Sumbawa berencana mendorong Pemprov NTB untuk membangun UPT di Sumbawa.

Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah kepada wartawan menyatakan, khusus wilayah perairan laut Kabupaten Sumbawa, menurutnya saat ini sudah mulai dilirik pendatang dari luar daerah. Mereka mencari lokasi untuk memancing. “Kemarin ada beberapa orang dari luar daerah yang datang untuk mencari spot memancing. Ini peluang yang bagus untuk mengenalkan kekayaan bawah laut kita,’’ ujar Wabup.

Sementara terhadap keamanan laut Sumbawa, Wabup menyatakan hal itu merupakan tugas semua pihak, tidak hanya Pemerintah, tapi masyarakat pun harus terlibat. Karena sebagian kewenangan Kabupaten sudah diambil oleh Provinsi, maka pihaknya bakal mendorong untuk dibangun UPT Kelautan dan Perikanan di Sumbawa. “Memang betul kewenangannya diambil Provinsi, tapi dampaknya yang merasakan adalah kita di daerah. Jadi kita tidak bisa lepas tangan untuk menjaga laut kita dari aksi pengeboman dan ilegal fishing,’’ tukasnya.

Hal yang sama juga harus dilakukan terhadap sektor kehutanan, yang juga kewenangannya diambil Provinsi. Perlu dibentuk UPT di Kabupaten. Selain tentunya pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama memerangi aksi ilegal loging yang marak terjadi. ‘’Sama dengan kehutanan, itu diambil semua oleh Provinsi. Tapi dampaknya kita yang rasakan. Mustahil kita lepas tangan. Karena nanti anak cucu kita yang akan merasakan dampaknya juga. Untuk penarikan senjata api Polhut, saya belum terima laporan dari Dinas Kehutanan,’’ demikian Wabup. Seraya menambahkan kalau sekrot lain pun perlu mendapat perhatian dan pengawasan dari semua pihak. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *