Akses Jalan Daerah Terisolir di Sumbawa Segera Diperbaiki

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler sekitar Rp 93 miliar dari Pemerintah Pusat. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk memperbaiki sejumlah akses jalan di wilayah terisolir.

Kepada wartawan, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menyatakan, jalan yang akan diperbaiki menggunakan dana tersebut telah masuk dalam perencanaan Pemda. Pelaksanaannya diupayakan akhir tahun ini. Infrastruktur jalan yang akan dibangun tersebut seperti jalan Ropang-Lantung, jalan Tolo’oi, jalan ke wilayah Batu Putih, Sempe, Batulanteh dan daerah terisolir lainnya. Termasuk beberapa titik jalan di dalam kota Sumbawa dan Kecamatan Utan. “Anggaran itu khusus untuk perbaikan jalan,’’ terang Haji Husni.

Sebenarnya Pemda Sumbawa mengusulkan anggaran tersebut sebesar Rp 150 miliar. Namun Pemerintah Pusat hanya memberikan sekitar Rp 93 miliar. Diperkirakan hal itu karena pertimbangan kuota bagi Sumbawa yang hanya segitu. Pasalnya ada beberapa Kabupaten/Kota lainnya di NTB yang juga mendapatkan dana diamksud. “Itu merupakan salah satu keberhasilan kita melobi ke Pemerintah Pusat. Karena di setiap kunjungan Menteri dan sejumlah pejabat pusat lainnya ke Sumbawa termasuk anggota DPR RI, kami selalu berikan proposal,’’ ujarnya.

Menurut Bupati, diperolehnya dana tersebut termasuk salah satu aspirasi yang disampaikan kepada Kementerian PU. Karena selain jalan, juga termasuk untuk Bedungan Beringin Sila. Ditambah dengan dana Rp 300 juta untuk infrastruktur jalan dan jembatan. “Ini yang bisa kita katakan Insya Allah akan pasti,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *