Tajuk Sail Moyo – Tambora Diusulkan Rubah Nama

Sumbawa, PSnews – Tim Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) telah melakukan survey ke sejumlah lokasi kegiatan Sail Indonesia dengan tajuk Sail Moyo – Tambora di Kabupaten Sumbawa pada Rabu lalu. Dan Kamis (25/8/2016), Tim bertemu Bupati Sumbawa untuk membicarakan hal itu lebih lanjut.

Dalam pertemuan tersebut, Tim memaparkan hasil pantauannya di lapangan. Terhadap hal itu, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menyampaikan apresiasi kepada Tim. Dan mengaku kalau Pemda Sumbawa mendukung penuh kegiatan dimaksud. Namun, Bupati juga mengusulkan kepada Tim agar tajuk Sail Moyo – Tambora dirubah menjadi Sail Moyo.

Ditemui wartawan usai pertemuan, Ketua Rombongan Tim DEKIN – Asrul mengaku, Kabupaten Sumbawa merupakan daerah pertama yang dikunjungi Tim untuk puncak kegiatan Sail Indonesia 2017, dari empat Provinsi yang mengusulkan. Kebetulan Pemprov NTB yang pertama memberikan respon. Sementara untuk daerah lain, sejauh ini pihaknya masih menunggu respon Pemerintah Provinsi masing-masing.

Husni Djibril dan Asrul
Husni Djibril dan Asrul

Dari hasil evaluasi termasuk rencana lokasi pelaksanaan di Kabupaten Sumbawa sudah dikunjungi. Hasilnya, semuanya sangat memenuhi syarat. Dasar ini akan disampaikan dalam rapat di tingkat pusat. “Penilaian saya pribadi, Sumbawa sangat layak dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan puncak kegiatan. Dalam setiap pelaksanaan, ada dua event besar seperti kegiatan berlayarnya (Sail, red) bertajuk Sail Moyo. Nantinya juga akan digelar kegiatan Festival Tambora yang merupakan bagian dari kegiatan tersebut,’’ paparnya.

Terhadap hal ini, lanjut Asrul, Pemerintah Pusat sangat mendukung Kabupaten Sumbawa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Sehingga segera digelar rapat di pusat untuk menyampaikan hasil kunjungan. “Dalam pertemuan tadi ada usulan dari Bupati untuk merubah tajuknya menjadi Sail Moyo. Itu juga menjadi perhatian kami. Prinsipnya, kami menginginkan Sumbawa ini maju,’’ tukasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *