Pengawasan Lapas dari Peredaran Narkoba Terus Dilakukan

Sumbawa, PSnews – Belakangan ini cukup banyak mencuatnya kasus peredaran narkoba di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia. Bukan saja yang dikendalikan langsung oleh warga binaan dari dalam jeruji besi, namun keterlibatan oknum petugas pun turut menjadi sorotan.

Hal ini pun yang menjadi perhatian khusus bagi Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) – Sevial Akmily SH MH saat berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. Sevial Akmily menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap seluruh Lapas di NTB, khususnya dari kemungkinan adanya peredaran narkoba. “Kami juga mengagendakan kunjungan ke Lapas Sumbawa. Ingin mengecek langsung kondisi di sana,’’ tandas Sevial yang ditemui saat berkunjung ke Polres Sumbawa Jumat (3/6/2016).

Menurut pejabat yang baru dilantik pada April lalu, berbagai alasan bagi para warga binaan terutama yang terjerat kasus narkoba nekat mengedarkan narkoba didalam Lapas. Salah satunya mereka sangat membutuhkan barang tersebut. Sehingga berbagai cara dilakukan, bahkan memanfaatkan oknum petugas Lapas agar bisa membantu memasukkan narkoba kedalam Lapas.

Dengan begitu, pihaknya intens melakukan pengawasan. Bekerjasama dengan BNN dan Kepolisian untuk melakukan sidak sekaligus tes urine bagi warga binaan maupun petugas Lapas. Jika ada petugas yang positif dan terbukti terlibat dalam peredaran narkoba didalam Lapas, maka akan dipecat. ‘’Sebetulnya bentuk pengawasannya sama. Cuma akan terus kita tingkatkan,’’ tuturnya.

Selain itu, terhadap maraknya kerusuhan yang terjadi disejumlah Lapas di Indonesia, Sevial menyatakan, sejauh ini untuk seluruh Lapas di NTB belum ada indikasi kerawanan tersebut. Pembinaan kepada warga binaan akan terus dilakukan. Termasuk terhadap petugas Lapas untuk tetap melakukan yang terbaik dalam bertugas. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *