IBI Ranting VII Layani Pemeriksaan Kanker

Sumbawa, PSnews – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sumbawa Ranting VII memberikan pelayanan pemeriksaan kanker serviks dan payudara. Kegiatan ini dilakukan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IBI yang ke 65 tahun.

Bidan Sherli dan Bidan EndangHal itu disampaikan Ketua Ranting VII IBI Sumbawa – Sherli Sukmawati kepada Pulau Sumbawa News Jumat (20/5/2016). Kegiatan bhakti sosial tersebut dipusatkan di Kantor Kelurahan Brang Biji. Mereka melakukan pemeriksaan Metode KB Jangka Panjang (MKJP), kanker serviks dan kanker payudara. “Itu kegiatan kami, dengan sasaran masyarakat di Kelurahan Brang Biji, Lempeh, dan Uma Sima. Warga kelurahan lain pun juga bisa melakukan pemeriksaan di sini,’’ tuturnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini baru pertama kali dilakukan di tingkat ranting. Dengan melibatkan sekitar 30 bidan yang ada di wilayah sekitar. “Harapan saya dengan meningkatnya jumlah pengguna KB aktif metode kontrasepsi jangka panjang, dalam hal ini ada implan dan IUD, ini akan menekan angka kematian ibu,’’ cetusnya.

Ditempat yang sama, Bidan Koordinator UPT Puskesmas Unit II Sumbawa – Endang Sulastri menambahkan, selain untuk masyarakat, IBI Ranting VII juga melakukan kegiatan bagi anggotanya. Seperti akan mengadakan lomba cerdas cermat yang rencananya melibatkan IBI Ranting Kerato dan Labuhan, kemudian dance cuci tangan ceria yang diikuti bidan dan kader posyandu setempat.

Adapun tujuan dari lomba dance cuci tangan ceria ini, mereka ingin memasyarakatkan program hidup bersih dan sehat (PHBS). Sehingga dengan mencuci tangan yang baik dan dipadukan dengan dance ceria, maka akan memudahkan para anggota untuk melakukan sosialisasi di masyarakat. “Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, bisa  memperbaiki kapasitas bidan yang ada. Salah satunya mengikuti kegiatan cerdas cermat. Jadi itu akan menambah kecerdasan dan skill mereka. Supaya untuk kedepannya pelayanan ke masyarakat bisa lebih ditingkatkan,’’ harapnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *