Sumbawa Ikuti Pameran APKASI – AITIS 2016

Jakarta, PSnewsApkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 kembali digelar. Ajang yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini bertujuan sebagai wahana strategi bagi institusi pemerintah dan pelaku usaha yang ingin mensosialisasikan berbagai kebijakan dan mempromosikan produk dari potensi daerah masing-masing, membangun jaringan antar daerah serta lebih memberikan warna bagi sinergi antar stakeholder dalam meningkatkan kemandirian daerah.

Bupati dan jajaran pejabat Pemkab SumbawaMenurut siaran pers yang diterima Pulau Sumbawa News dari Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa, AITIS 2016 berlangsung dari 5 hingga 7 Mei kemarin. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Pada kesempatan itu, Wapres juga mengukuhkan Dewan Pengurus APKASI Periode 2015-2020 di Hall D, JI-EXPO Kemayoran, Jakarta. Kabupaten Sumbawa sendiri kembali mengikuti ajang promosi tersebut. Untuk ke-4 kalinya Badan Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup (BPM-LH) Sumbawa mengkoordinir instansi terkait untuk bersama-sama mempromosikan potensi daerah dan kreatifitas masyarakat.
Kegiatan ini pun dimanfaatkan oleh anggota tim dari Sumbawa untuk membangun jaringan, memperluas wawasan serta akan mampu menjadi referensi bagi peningkatan inovasi kinerja di daerah.

Bupati Sumbawa – M Husni Djibril bersama Ketua DPRDSumbawa  Budi Suryata dan Ketua DPRD KSB – M Nasir mengunjungi stand AITIS Kabupaten Sumbawa yang disambut langsung Kepala BPM-LH Dirmawan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Junaidi dan Tim AITIS Kabupaten Sumbawa. M Hazairin dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sumbawa. Mereka langsung memperlihatkan visualisasi potensi unggulan Kabupaten Sumbawa melalui media televisi layar sentuh yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Selain itu juga disediakan buku-buku potensi Kabupaten Sumbawa di berbagai sektor serta dokumen yang dikemas dalam bentuk CD untuk dibagikan kepada pengunjung. ‘’Penting untuk ditingkatkan inovasi penyajian potensi Sumbawa, dimasa yang akan datang,’’  ujar Bupati.

Dengan beberapa kali mengikuti kegiatan AITIS ini, menghasilkan kerjasama serta perluasan jaringan promosidi seluruh Indonesia. Tahun lalu Bawang Merah Sumbawa diuji coba pengembangannya di Kalimantan Barat dan di Sumatera Utama. Kegiatan AITIS tahun ini juga telah menghasilkan permintaan yang meningkat akan menyediaan Susu Kuda Liar sebagai minuman alami yang sehat sekaligus sebagai obat dari berbagai penyakit. Kota Bandung dan Kota Jambi sedang menjajaki kemungkinan untuk mendatangkan Susu Kuda Liar dari Kabupaten Sumbawa dalam jumlah besar.

Pada hari pertama penyelenggaraan AITIS 2016, Menteri Dalam Negeri RI Bapak Tjahjo Kumolo berkesempatan mengunjungi stand Kabupaten Sumbawa di JIExpo Kemayoran Jakarta, sekaligus menikmati Madu Sumbawa kemasan sacset. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *