Distamben Usulkan Daerah Terpencil dapat Bantuan PLTS

Sumbawa, PSnews – Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Sumbawa telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar sejumlah daerah terpencil di Kabupaten Sumbawa mendapat bantuan listrik dalam tahun ini. Demikian disampaikan Kepala Distamben – Syirajuddin kepada wartawan.

Diungkapkan, adapun daerah terpencil yang diusulkan tersebut yakni Desa Brang Kua Pulau Moyo Kecamatan Labuhan Badas, mendapatkan bantuan listrik energi sebesar 30 KW, yang anggarannya  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016. Bahkan proses tendernyapun sudah selesai.

Selain itu, Desa Punik Kecamatan Batulanteh juga mendapat tambahan daya. PLTMH yang ada tidak mencukupi kebutuhan masyarakat. Sehingga diupayakan melalui PLTS terpusat dan tahun ini akan dilaksanakan pemasangan jaringan sepanjang 7,8 KM. Dengan begitu, Desa Tepal dan Desa Talagumung diharapkan dapat teraliri listrik.

Kemudian, untuk Desa Gunung Setia Kecamatan Lenangguar juga direncanakan tahun ini akan mendapatkan alokasi bantuan PLTS dengan kapasitas 100 KW dari Kementerian Desa dan Transmigrasi, yang diperuntukkan bagi 127 rumah dan fasilitas umum di wilayah setempat. “Masih dalam proses tender di Jakarta. Rencananya tahun ini akan terealisasi. Bahkan kami sudah melihat lahan yang akan digunakan untuk meletakkan perangkat PLTS,’’ terangnya.

Dilanjutkan, Kecamatan Moyo Hulu juga bakal mendapatkan bantuan 11 unit Bio Gas, Desa Sebedo Kecamatan Utan 19 unit yang bersumber dari DAK Provinsi dan kini dalam tahap pelaksanaan. “Kami juga akan megupayakan listrik murah dan hemat bagi masyarakat kurang mampu,” demikian Syirajuddin. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment