Petani Labangka Butuh Alat Panen Jagung

Sumbawa, PSnews – Sejumlah petani jagung dari Kecamatan Labangka melaporkan keluhan mereka terkait masalah pertanian di wilayahnya. Seperti belum adanya bantuan Pemerintah berupa alat panen jagung bagi petani sekitar. Termasuk beberapa keluhan lainnya soal embung dan bibit.

Salah seorang petani jagung di Labangka – Perihuddin mengungkapkan, bibit jagung yang diberikan Pemerintah ke petani tidak sesuai seperti apa yang diusulkan. Mereka menginginkan jenis varietas Bisi, namun yang diberika PAC. Selain itu, pihaknya juga menyentil soal tidak adanya embung di wilayah sekitar yang dibangun Pemerintah.
“Tidak ada embung di Kecamatan Labangka, ini menyulitkan kami mendapatkan air. Sudah kita sampaikan ke Menteri Pertanian saat berkunjung ke Sumbawa, tapi sampai sekarang belum terealisasi,’’ tutur Perihuddin pada acara sosialisasi Upsus Padi Jagung dan Kedelai (Pajele) di halaman Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disperta-TPH) Sumbawa, Rabu (27/4/2016). 

Petani jagung Labangka lainnya – Jamaluddin mengaku sangat terbantu dengan adanya program Upsus tersebut, karena cukup mengurangi pengeluaran petani yang sebelumnya sempat membeludak. Bibit bantuan dari Pemerintah pun dinilai sangat bagus hasilnya. “Sekarang sudah mau panen. Selama ini belum ada alat panen dari Pemerintah. Kami harap itu bisa diberikan,’’ inginnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Disperta-TPH Sumbawa – Talifuddin memaparkan, varietas di masing-masing desa di Labangka berbeda-beda. Ada yang menginginkan PAC, ada juga Bisi, sehingga ke depan, bantuan ini akan disesuaikan menurut usulan masing-masing kelompok.

Sementara terhadap keberadaan embung, memang belum ada program dari Pemerintah. Namun untuk saat ini, pihaknya bisa memberikan bantuan mesin dengan memanfaatkan sungai yang ada di wilayah sekitar. Termasuk untuk alat panen, akan menjadi pertimbangan dinas untuk merealiasi hal itu, karena sebelumnya sudah diusulkan ke Pemprov NTB. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *