Pesantren Modern Internasional Dea Malela : “DARI SUMBAWA UNTUK DUNIA”

Oleh : Didin Maninggara
(Sekum Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dea Malela Bagian Pertama SMA INTERNASIONAL DEA MALELA)

Alhamdulillah, telah hadir Sekolah Menengah Pertama (SMP) Internasional Dea Malela di kaki Olat Utuk, Dusun Pamangong, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dirancang sebagai Pusat Keunggulan Pendidikan Islam bertaraf dunia untuk membentuk Sumber Daya Insani yang beriman, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Diasuh oleh para pendidik yang dedikatif, profesional, dan berintegritas di bawah kepemimpinan langsung Prof. Dr. M. Din Syamsuddin. Menerima peserta didik baru (untuk sementara khusus laki-laki), telah lulus SD/MI/sederajat dan lulus Ujian Masuk (baca Al-Qur’an, Pengetahuan Agama, Pengetahuan Umum, dan Matematika/Logika). SISTEM PENDIDIKAN Dengan berbasis SMP & SMA berasrama, pendidikan diselenggarakan melalui pendekatan kepesantrenan, yaitu (1) menekankan pendidikan nilai/karakter, (2) mengintensifkan proses belajar yang ketat dan padat, (3) mengintegrasikan keimanan dengan wawasan keilmuan dan kepribadian paripurna, (4) mengintegrasikan wawasan keilmuan umum dan wawasan keilmuan agama. KURIKULUM Pada dasarnya menerapkan Kurikulum Nasional Indonesia dengan pendekatan komprehensif-integratif, ditambah (1) penguasaan bahasa asing: Arab, Inggris, dan bahasa internasional lainnya, (2) pembentukan karakter/kepribadian, (3) pengembangan minat dan bakat, (4) penanaman watak kepemimpinan dan kewirausahaan, (5) kapita selekta pendidikan, dan (6) berbagai bentuk ekstra kurikuler yang berorientasi pada penanaman keterampilan hidup atau life skill. TENAGA PENDIDIK Tenaga pengajar terseleksi, minimal berpendidikan tingkat S1, menguasai bahasa Arab/Inggris, memiliki kemampuan paedagogis yang tinggi dalam berbagai bidang, dan berjiwa pendidik dan pengabdi. BIAYA PENDIDIKAN 1. Sumbangan Pendidikan (Sekali selama masa pendidikan dibayar pada awal tahun pertama) sebesar Rp 7.500.000 2. Biaya Bulanan * Uang makan Rp 900.000 * Uang asrama (sudah termasuk tempat tidur dan lemari pakaian Rp 300.000 * Uang sekolah Rp 300.000 Total biaya bulanan Rp 1.500.000

Catatan : Biaya tersebut belum termasuk uang seragam sekolah, jas, seragam pramuka, pakaian olahraga, seragam Silat Tapak Suci, dan lain-lain. (Silahkan baca informasi lanjutan di bagian kedua tulisan ini).

Komentar

comments

Spread the love

One thought on “Pesantren Modern Internasional Dea Malela : “DARI SUMBAWA UNTUK DUNIA”

  • Apr 16, 2016 at 6:28 am
    Permalink

    AlhamduliLLAH…..sumbawa semakin maju dan Islami. Pemkab, Kesultanan, Organisasi Masyarakat&Keagamaan, org sosial-budaya, dunia pendidikan, aparat, bersama-sama masyarakat mewujudkan sumbawa yg makmur warobbun ghofur.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *