Anggota TNI Sumbawa Bakal Jalani Tes Urine

Sumbawa, Psnews – Untuk menghindari keterlibatan anggota TNI di Kabupaten Sumbawa terhadap narkoba. Baik pemakai maupun pengedar barang haram tersebut. Maka akan dilakukan tes urine secara menyeluruh.
Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Agus Supriyanto yang ditemui wartawan di ruangannya Jumat (11/03/2016) mengakutes urine terhadap anggota TNI khususnya di Sumbawa rutin dilakukan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Biasanya, lanjut Dandim, BNN melaksanakan tes urine di Kodim dalam setahun bisa dua kali. Dan waktunya pun tidak bisa tentukan dari pihak Kodim sendiri. “Tidak bisa kita tentukan waktunya. Ini biar ada shock terapi kepada anggota agar tidak melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Menurutnya, tes urine penting dilakukan yang bertujuan agar anggota TNI di Sumbawa bersih dari keterlibatan narkoba. Sehingga dalam waktu dekat, kegiatan ini akan kembali dilakukan. “Dalam waktu dekat ini akan kita laksanakan di sini. Hanya kalau dulu BNN datang bekerjasama, sekarang diupayakan BNN membantu kita dengan memberikan alat ke kita, biar TNI turun sendiri. Jadi tidak nunggu-nunggu dari BNN untuk datang ke sini. Itu wacana di lingkup instansi kita,” tukasnya.

Diungkapkan, kasus narkoba ini masuk dalam tujuh pelanggaran berat di jajaran TNI. Sehingga ketika ada anggota yang terbukti terlibat narkoba akan langsung dipecat.
“Di TNI kalau diduga positif dia sebagai pemakai atau pengedar maka resikonya berat, langsung dipecat. Makanya tidak ada TNI yang main-main dengan narkoba,” demikian Dandim. (gunk)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *