Para Netizen Bersihkan Sampah di Pantai Jempol

Sumbawa, PSnews – Para netizen dari 12 komunitas berbaur bersama menyerbu sampah yang berserakan di sekitar pantai Labuhan Sumbawa atau yang tenar dinamai pantai jembatan polak (Jempol). Aksi para netizen ini sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional tahun 2016, Minggu (21/02/2016).

Penggalangan massa yang dilakukan melalui sejumlah jejaring media social berhasil menarik hati sebanyak sekitar 200 orang netizen bekerjasama dengan masyarakat setempat.

Kegiatan bertajuk Sumbawa Clean Up ini dibuka secara simbolik oleh Camat Labuhan Badas, Heri Heriyanto Diaz, dilanjutkan dengan penyerahan alat kebersihan berupa sapu dan karung sampah oleh Anggota DPRD Sumbawa yang juga tokoh masyarakat setempat Hamzah Abdullah.

Para peserta membagi diri menjadi dua kelompok. Satu kelompok membereskan sampah yang berserakan di bagian timur pantai dan kelompok lainnya berkonsentrasi di bagian barat atau Dusun Kali Baru.

Endang Sulasti, selaku inisiator, mengatakan, pemilihan lokasi ini dilatari oleh semakin ramainya pengunjung yang menikmati indahnya panorama alam di pantai Jempol terutama pada sore hari. Pantai Jempol juga dinilai sebagai representase Sumbawa Besar oleh para netizen.

“Sebenarnya tujuannya kegiatan ini untuk menuju Indonesia bebas sampah tahun 2020. Kami secara khusus menginginkan Sumbawa bebas sampah,” ujar Endang.

Camat setempat, Heri Heriyanto Diaz, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan secara stimulus untuk menggerakkan rasa kepedulian masyarakat setempat. Diharapkan gerakan ini terus berjalan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Heri mengaku yakin, kegiatan seperti ini dapat mendongkrak kunjungan wisata di wilayah Kecamatan Labuhan Badas pada khususnya dan Kabupaten Sumbawa pada umumnya. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *