Pemerintahan Desa di Alas Barat Sediakan Dana untuk Bidan

Sumbawa, Psnews – Bentuk dukungan bagi para tenaga Bidan di desa-desa Kecamatan Alas Barat sangat nyata. Betapa tidak, para bidan disediakan dana operasional guna mendukung kinerja mereka di desa. Fakta tersebut disampaikan Camat Alas Barat, Iwan Sofian, dalam pembukaan pembinaan IBI Ranting 14 dan 15 oleh Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Sumbawa di aula kantor Camat Alas Barat, Kamis (18/02/2016).kegiatan IBI Kabupaten SumbawaIwan menekankan sebagai pelayan di bidang kesehatan para bidan harus paham dengan tugas dan fungsi serta posisinya. Khusus di Alas Barat, pihaknya memposisikan diri untuk mendukung program kesehatan. Ingin memenuhi kekurangan yang ada di Kabupaten. Salah satunya dengan menganggarkan dana bagi bidan desa di setiap APBDes masing-masing desa se Alas Barat. Dengan nilai bervariasi dari minimal Rp 10 juta sampai Rp 15 juta.

“2016 ini mohon bantuan dari Dikes khususnya, karena kami anggarkan 5 bidan untuk dilatih.  dari 8 desa yang ada, sudah 7 desa  menganggarkan operasional bidan, di Gontar Rp 15 juta per tahun, di  Mapin Kebak Rp 10 juta, dan Desa-Desa lain minimal Rp 10 juta,” papar Iwan Sofian.

Menurut Iwan, bukan hal ini saja yang dianggap penting namun juga pengurus IBI Sumbawa menyampaikan kondisi riil yang sifatnya intruksional kepada jajaran camat oleh Bupati Sumbawa, HM Husni Jibril . Karena dengan adanya pelimpahan kewenangan Bupati bagi camat menjadi jelas kerja camat.

Iwan menambahkan, di samping membantu dana operasional bidan, salah satu Desa di Alas Barat yakni Desa Lekong malah membantu sarana dan prasarana bagi bidan desanya.

Dengan kondisi seperti ini, Iwan berharap agar para bidan dapat menjadi bidan professional yang kapasitasnya dipertaruhkan. Maka menjadi kewajiban untuk melakukan upgrading bagi dirinya.

Bentuk lain dukungan Camat Alas Barat di bidang pendidikan juga melalui penguatan di PNPM GSC. Hal tersebut dilakukan untuk membackup kegiatan bidan agar  jangan ada dana yang mampir di bank.

“Biarlah anggaran pemerintah dianggarkan untuk sebesar-besarnya di bidang kesehatan. Kita ingin mengajak kita semua melalui IBI, apa yang kita lakukan di Alas Barat untuk dilakukan bersama. Menjadi jalan kita untuk melakukan lompatan besar, sehingga mampu menjadikan Sumbawa menjadi sumbawa yang hebat dan bermartabat,” tegas Camat berprestasi tingkat Kabupaten Sumbawa tersebut. (Psb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *