Berbasis C1, Mo-Novi Nyatakan Unggul 853 Suara Dibanding Jarot-Mokhlis

Sumbawa, PSnews – Setelah Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Syarafuddin Jarot-Mokhlis mengumumkan kemenangannya pada Kamis malam (10/12/2020), beberapa saat kemudian Paslon Mahmud Abdullah – Novy (Mo-Novy) merilis rekap berbasis C-1 yang juga menyatakan kemenangannya. Mo-Novy melalui Timses nya Sambirang Ahmadi.

Di hadapan sejumlah wartawan, Sambirang mengakui pihaknya agak lama dalam menyiarkan hasil rekapitulasi perolehan suara semua Paslon. “Kami menggunakan prinsip kehati-hatian. Meski hasilnya sudah kami ketahui. Kami tidak mau gegabah mengklaim kemenangan sebelum menerima langsung C-1 dari saksi-saksi yang bertugas di TPS,” tandas Anggota DPRD Provinsi NTB dari fraksi PKS ini.

Setelah semua form Model C-1 dari 24 kecamatan diterima, ditemukan hasil akhir untuk keunggulan Mo-Novy dengan selisih 853 suara atau 0.4% dari pasangan nomor urut 5 Jarot-Moklis.

Hasil ini adalah kumpulan form Model C-1 yang direkap oleh internal Tim nomor urut 4 Mo-Novy. Meski demikian, lanjut Sambirang, hasil resmi tetap berpatokan pada rapat pleno KPU. “Namun diyakini tidak akan berubah karena data yang dimiliki cukup valid dan melalui verifikasi yang ketat,” tegasnya.

Rekap c-1 Timses Mo-Novi

Bila diamati dari hasil rekap C-1, Mo-Novy menang di 9 kecamatan, yaitu Sumbawa, Moyo Hilir, Lopok, Moyo Hulu, Orong Telu, Labangka, Alas Barat, Alas dan Batu Lanteh. Rasio partisipasi masyarakat pada kontestasi Pilkada kali ini sebesar 81% dari total jumlah pemilih.

Di dalam data tabulasi, kemenangan terbesar Mo-Novy diraih di Kecamatan Sumbawa yaitu 10.231 suara atau terpaut 3.012 suara atau 29.4% dengan Jarot-Mokhlis. Sedangkan secara prosentase tanpa terduga kemenangan terbesar Mo-Novy diraih di Kecamatan Batu Lanteh, di mana Mo-Novy berhasil unggul hingga 49.1% atau 1.200 suara dari Jarot Mokhlis. Namun persaingan paling sengit dan ketat terjadi di wilayah Kecamatan Lopok dan Unter Iwes. Di Lopok Mo-Novy berhasil unggul hanya dengan 6.7% atau 216 suara dari Jarot Moklis. Sementara di Unter Iwes Jarot berhasil memimpin hanya dengan selisih 1.2% atau 43 suara. “Insya Allah hasil rekap ini sah dan valid. Meski demikian, kepada semua kubu Sumbawa Gemilang kami mohon untuk bisa menahan diri agar menghindari euforia berlebihan demi kondusifitas daerah serta tetap terjalinnya hubungan baik dengan pihak lain,” imbaunya. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *