Ini Jawaban Pemda Soal Pengembangan Pariwisata

Sumbawa, PSnews – Program pariwisata di Kabupaten Sumbawa yang dinilai masih minim, sempat menjadi sorotan sejumlah Fraksi di DPRD Sumbawa dalam sidang paripurna lalu. Pemkab Sumbawa pun memberikan tanggapan terhadap penilaian yang diberikan.

Pada sidang paripurna agenda jawaban Bupati Sumbawa atas pemandangan umum Fraksi Dewan Senin (6/11/2017) malam, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menyatakan, terkait bidang pariwisata Pemda akan fokus untuk menggarap empat pilar yaitu industri pariwisata, destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan secara simultan. Itu dilakukan dengan pelibatan seluruh komponen pemangku kepentingan kepariwisataan daerah termasuk didalamnya perangkat daerah, pemerintah dan masyarakat desa, pelaku usaha pariwisata dan kelembagaannya.

Terhadap harapan untuk membenahi infrastruktur jalan menuju kawasan wisata, Haji Mo menyatakan pembangunan infrastruktur kunci seperti jalan dan jembatan dilaksanakan berdasarkan pada kriteria kemanfaatan optimal dari infrastruktur tersebut. Akses jalan di kawasan wisata merupakan salah satu kriteria penting dalam perencanaan program pembangunan dan peningkatan jalan. Namun pembangunan dan peningkatannya tetap dilakukan secara bertahap.

Kemudian terkait pengembangan kebudayaan dan pariwisata, Pemda berkomitmen untuk terus memajukan posisi kebudayaan sebagai spirit pembangunan daerah, termasuk pembangunan di sektor pariwisata, dimulai dengan revitalisasi, pelestarian, pengembangan serta perkuatan nilai-nilai budaya lokal. ‘’Diharapkan Sumbawa hebat dan bermartabat terwujud dari karakter dan jiwa Tau dan Tana Samawa,’’ demikian Wabup. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *