Loteng Berguru ke Sumbawa soal Realisasi Bendungan Beringin Sila

Sumbawa, PSnews – Pansus Dam Mujur DPRD Kabupaten Lombok Tengah pada Kamis (19/4/2018) di ruang rapat H. Hasan Usman kantor Bupati melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Kedatangan rombongan tersebut untuk menggali informasi tentang keberhasilan Kabupaten Sumbawa meraih proyek besar bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan.

Di hadapan Pansus tersebut Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril memaparkan, keberhasilan meraih proyek Beringin Sila dengan nilai Rp 1,3 Triliun itu berkat komunikasi yang intens dengan Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Selain itu, dukungan penuh dari perangkat daerah juga sangat menentukan. Bupati mengakui bahwa dirinya didukung habis oleh seluruh aparat dalam memperjuangkan realisasi proyek bendungan Beringin Sila.

Dijelaskan pula, keinginan mewujudkan bendungan Beringin Sila merupakan salah satu janji politik, bahkan menjadi hutang politik sejak orang tua Bupati (Alm. H. M. Djibril) menjadi anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. Untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut, sejak dirinya dilantik langsung bergeriliya mengejar peluang pembangunan bendungan Beringin Sila melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara sampai bertemu langsung dengan Menteri PU.

Selain komunikasi dengan Pusat, Sumbawa juga melakukan pendekatan kekeluargaan dengan masyarakat lokasi bendungan untuk mencari kesepakatan dan dukungan penuh bagi terwujudnya bendungan raksasa tersebut. Sebab berdasarkan pengalaman di beberapa daerah, kurangnya dukungan masyarakat bisa saja menyebabkan gagalnya sebuah proyek yang sesungguhnya menjadi kebutuhan orang banyak.

Pada audiensi tersebut kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa – Iskandar memaparkan kronologis dan data-data tehnis rencana pembangunan bendungan Beringin Sila yang operasionalnya dimulai pada tahun 2018 ini. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *