Bupati Diminta Prioritaskan Program KRABAT di Batu Lanteh

Sumbawa, PSnews – Janji politik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Husni Djibril – Mahmud Abdullah (Husni – Mo) pada Pilkada Sumbawa 2015 lalu, untuk menyalurkan program Kredit Sahabat (KRABAT) mendapat respon positif dari warga Batu Lanteh. Salah seorang tokoh pemuda setempat ~ Iying Gunawan mengharapkan agar program tersebut dapat difokuskan untuk digelontorkan di wilayah Batu Lanteh.

“Kami Masyarakat dan Tokoh Masyarakat Batu Lanteh sangat berharap kepada Bupati Sumbawa agar memprioritaskan Program KRABAT dan KUR untuk wilayah Batu Lanteh, dimana 4 desa yang belum terlayani yaitu Batu Rotok, Tepal, Tangkampulit dan Bao Desa,” papar Iying melalui media ini, Senin (7/11/2017).

Iying Gunawan menganggap program tersebut merupakan inovasi yang pada prinsipnya juga merupakan janji politik Bupati yang bertujuan menghilangkan praktik rentenir yang mencekik pengusaha kecil. Sejalan dengan itu, lanjut Iying, di wilayah Batu Lanteh sangat rentan terhadap praktik lintah darat atau tukang riba tersebut. Meski mengetahui dampaknya mencekik, namun masyarakat setempat tetap saja membutuhkan modal agar usahanya terus berkembang. Padahal bunganya relatif tinggi yakni setengah dari modal pinjaman, sehingga membuat rakyat kecil kian menjerit. Karenanya, kata Iying, program Kredit Sahabat dan KUR adalah Jawabannya. “Bayangkan, bunga dari 50 % bahkan lebih merupakan sebuah senjata mematikan bagi pengusaha kecil dan menengah. Namun terkadang para tengkulak tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena petanilah yang memiliki inisiatif dalam proses peminjaman,” ungkapnya.

Ia berharap agar program pemerintah yang bersifat finansial seperti itu dapat menyebar di seluruh wilayah Batu Lanteh yang belum terlayani tanpa terkecuali. Hal tersebut dianggap penting mengingat pemegang kebijakan terutama pihak Perbankan sangat sulit untuk diajak bekerja sama dalam hal ini, dan sedikitnya perputaran uang di wilayah Batu lanteh sehingga kondisi itu dimanfaatkan oleh rentenir.

Selain itu warga Batu Lanteh juga berharap agar para anggota DPRD terutama dari Dapil 3 tidak hipoktrit terhadap hal ini. “Wakil rakyat yang tepilih jangan jadikan masyarakat sebagai tameng menuju kehidupan hedonisme dengan melupakan tugas utama. Tunjukkan kontribusi semaksimal mungkin. Kami berharap kepada Eksekutif dan Legislatif agar bersatu dalam memperjuangkan Program Kredit Sahabat dan Layanan KUR untuk Wilayah Batu Lanteh. Semoga ini dapat diwujudkan segera, ini adalah sesuatu yang tidak boleh ditunda-tunda agar masyarakat tidak menderita lebih lama,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa HM Husni Djibril belum dapat dikonfirmasi karena sedang menghadiri acara Peringatan Hari Habitat dan Hari Kota Dunia tahun 2017 di Jakarta. (PSa)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *