Pemda Respon Harapan Masyarakat Batulanteh

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa nampaknya memberikan respon positif terhadap harapan dari masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Batulanteh. Terutama terkait penyaluran program Kredit Sahabat (Krabat) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi warga sekitar.

Ditemui wartawan, Kabag Ekonomi Setda Sumbawa – Irawan Subekti menjelaskan, untuk tahun 2017 ini dialokasikan anggaran untuk Krabat sebesar Rp 15 miliar bagi 75 desa di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa, yakni Alas Barat, Alas, Utan, Rhee, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Lenangguar, Lape, Plampang, dan Empang. Dari jumlah itu, baru Rp 8 miliar yang terserap. ‘’Kami harap program Krabat ini bisa terus jalan, supaya kecamatan lainnya termasuk Batulanteh juga menjadi sasaran,’’ terangnya.

Sementara terhadap KUR, pihaknya telah menyampaikan hal itu ke semua camat melalui System Informasi Kredit Program (SIKP). Namun ada data yang tidak bisa terverifikasi, karena data yang dikirim oleh Kecamatan tidak semua terisi. Seperti untuk masyarakat di Kecamatan Batulanteh, ada beberapa syarat yang masih kurang, yakni kepemilikan NPWP.

Terhadap hal ini, lanjut Bekti, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Bank. Itu dilakukan dalam upaya meminta kemudahan pinjaman itu tersalurkan ke masyarakat, khususnya di Batulanteh. ‘’Kami tidak bisa mengintervensi Bank. Kami hanya bisa memfasilitasi masyarakat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *