Dewan Minta Pemda Siapkan Strategi Penguatan BUMD

Sumbawa, PSnews – Keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Sumbawa nampaknya perlu mendapat perhatian lebih. Pemda diminta menyiapkan langkah-langkah strategis dalam penguatan kelembagaan BUMD yang ada.

Wakil Ketua Pansus DPRD Sumbawa – Muhammad Faesal mengatakan, Pemda perlu melakukan evaluasi terhadap keberhasilan BUMD. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan PAD dan kesejahteraan masyarakat luas. Salah satu hal yang harud dilakukan Pemda yakni menyiapkan langkah-langkah strategis dan efektif dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola manajemen BUMD. Demikian pula terhadap penyertaan modal, Pemerintah Daerah harus dapat berkorelasi positif terhadap kinerja BUMD.

Selain mengevaluasi keberhasilan BUMD, Pemda juga diminta agar dapat menuntaskan permasalahan layanan PDAM kepada masyarakat. Khusus sektor air minum yang dilayani PDAM, sesuai dengan arah pengembangan yang tertuang dalam Dokumen Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM). ‘’Pansus mendukung Pemerintah Daerah untuk segera dilakukan percepatan optimalisasi debit air yang tersedia pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semongkat. Serta melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam rangka pembangunan IPA Sumber air lainnya pada tahun 2018 untuk menambah debit serta meningkatkan daerah jangkauan layanan air minum,’’ paparnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengaku kalau Pemda saat ini sedang menyiapkan langkah-langkah deregulasi, guna penguatan kelembagaan dan tata kelola manajemen BUMD. Sehingga kedepannya dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah khususnya peningkatan PAD. Selain itu, Pemda akan mengalokasikan penyertaan modal kepada BUMD berbasis kinerja BUMD. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *