Diduga Ada Toko Berjejaring Tanpa Izin di Plampang Sumbawa

Sumbawa, PSnews – DPRD Kabupaten Sumbawa memfasilitasi pertemuan antara Eksekutif dan Paguyuban Warung Tetangga (PWT) Kabupaten Sumbawa. Dalam pertemuan itu, terungkap kalau ada toko berjejaring yang buka tanpa ada izin dari Pemda Sumbawa.

Seperti yang disampaikan pengusaha UMKM asal Plampang – Marga Gunawan. Ada toko berjejaring berlabel Alfamart yang pada hari ini melakukan launching di Kecamatan Plampang. Dan hal ini pun tidak diketahui oleh Instansi terkait di Pemkab Sumbawa. Sehingga saat ini ada dua toko berjejaring yang sudah berdiri diwilayah setempat. ‘’Lokasinya pas disamping toko usaha saya. Dan saya tidak pernah dimintai persetujuan untuk hal ini,’’ tukasnya.

Keberadaan toko berjejaring yang diduga tidak memiliki izin ini diperkuat pula dengan foto melalui HP yang ditunjukkan Ketua PWT Sumbawa Ihwan Wajdi dalam pertemuan dimaksud. Sehingga Ia meminta Pemda untuk bersikap terkait hal tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Sumbawa – H. Syahril mengaku selama dirinya menjabat Kepala PMPTSP, ada enam izin toko berjejaring yang dikeluarkan, yakni di Kecamatan Tarano, Empang, Plampang, jalan Sernu, Rhee dan lingkungan Ai Awak. Sementara untuk keberadaan toko berjejaring yang launching pada hari ini, Ia mengaku tidak menandatangani izinnya. ‘’Mungkin saya keliru, tapi yang jelas saya tidak pernah menandatangani izin untuk toko yang baru itu,’’ terangnya.

Anggota Komisi II DPRD Sumbawa – Berlian Rayes mengaku terkejut dengan hal itu. Ia menilai pengusaha sudah tidak menghormati Pemerintah Daerah, kalau betul berdirinya toko berjejaring tersebut tanpa mengantongi izin.

Begitu pula dengan Anggota Komisi II lainnya – Salamuddin Maula yang meminta agar ini segera ditindaklanjuti. Apalagi keberadaan toko berjejaring di Kabupaten Sumbawa sudah sangat menjamur, dan dinilai meresahkan masyarakat. Karena omset pedagang kecil menjadi tergerus. ‘’Perlu kita lakukan tinjauan lokasi untuk memastikan hal ini,’’ tandas Jalo panggilan akrabnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *