Science and Techno Park di Sumbawa dalam Tahap Persiapan

Sumbawa, PSnews – Proses pembangunan Science and Techno Park (STP) di Kabupaten Sumbawa sudah memasuki tahun kedua. Dimana saat ini merupakan tahap persiapan. Pembangunan STP ini merupakan buah dari kemitraan Pemda Sumbawa bersama Perguruan Tinggi serta Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Riset dan Teknologi.

Demikian disampaikan Sekda Sumbawa – H Rasyidi saat menerima kunjungan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah pada Rabu lalu. Luas lahan yang telah disiapkan untuk STP sekitar 30 hektare, kendati potensi yang ada seluas lebih kurang 50 hektare. Menurut rencana 15 hektare untuk dibangun laboratorium. “Sedang berproses dan sedang ditender di pusat. Yang dilakukan saat ini adalah pembangunan rumah kaca,’’ terangnya.

Diungkapkan, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah di Indonesia timur yang memperoleh penghormatan berdirinya Science Techno Park, yang lokasinya berdekatan dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di Dusun Batu Alang. Saat ini, STP Sumbawa dan Sentra Industri Kecil Dan Industri Menengah (SIKIM)  Sumbawa berada di satu lokasi dan disebut sebagai Kawasan Inovasi Sumbawa. “Keduanya memiliki prioritas yang sama, sehingga saling mendukung kegiatannya dari hulu ke hilir dalam seluruh proses inovasi. Dalam proses inovasi, STP dan SIKIM berbagi peran,” papar Sekda.

Lebih jauh dijelaskan, untuk STP dirancang sebagai sekolah untuk Wirausaha Baru (WUB). Dimana sekelompok orang yang memiliki ide bisnis menuangkan dalam bentuk proposal bisnis, kemudian didampingi oleh pengelola STP dalam hal pembiayaan, pengelolaan lembaga usaha, pemasaran dan lain-lain. WUB kemudian disebut tenant dan proses pendampingan itu disebut inkubasi. Masa sekolah tenant di STP adalah 2 tahun, dengan target tenant bisa lulus menjadi perusahaan yang sudah mandiri sehingga bisa keluar dari STP dan tempatnya diisi oleh WUB berikutnya.  “Itu disiapkan oleh UTS dan direncanakan bersama masing-masing Kementerian yang membawahinya, yaitu Kemenristek-Dikti untuk Sumbawa Technopark, dan Kemenperin untuk SIKIM Sumbawa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *