Ribuan KIS Siap Didistribusikan ke Masyarakat

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 8.479 warga Kabupaten Sumbawa bakal menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap pertama dalam tahun ini. Semua kartu diserahkan langsung pihak BPJS Kesehatan kepada Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril diruangannya, Senin (18/7/2016).

Kepala Divisi Regional XI BPJS Kesehatan Wilayah Bali Nusra – dr. Annurman Huda, menjelaskan, seluruh kartu yang diserahkan tersebut dititipkan ke Dinas Sosial Sumbawa, untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat penerima. Batas waktu penyaluran sampai 31 Juli 2016.
Pada tahun 2015 lalu, lanjut Annur, ada sebanyak 161.000 orang jumlah penerima bantuan iuran APBN di Kabupaten Sumbawa. Diharapkan semua masyarakat penerima sudah mendapatkan kartu tersebut. Sehingga mereka bisa ditanggung berobat oleh pemerintah baik di Puskesmas maupun di rumah sakit. “Itu untuk KIS, sementara untuk yang lain kami mendorong Pemda Sumbawa agar bisa menganggarkan di APBD untuk masyarakat miskin yang selama ini belum dicover oleh PPI APBN. Data ini ada di Disos. Dan Disos akan melakukan verifali siapa yang layak untuk dimasukkan sebagai tambahan masyarakat miskin yang belum ditanggung oleh APBN menjadi tanggungan APBD. Ini memang butuh waktu dan butuh konsentrasi dari Pemda untuk bisa melakukan verifeli maupun melakukan penyediaan anggaran. Karena ternyata banyak masarakat tidak mampu diwiayah Kabuapten Submawa ini berobat ke rumah sakit yang mereka agak kesulitan untuk masalah biaya,’’ papar dr Anuurman Huda didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima – Elly Widiani.

Selain itu, pihaknya  juga mengharapkan kepada Bupati agar bisa membantu dalam menerbitkan semacam surat edaran, yang mengharuskan pemberi kerja atau perusahaan mendaftarkan seluruh karyawannya ke JKN. Jadi jangan sampai apa yang menjadi tanggungjawab perusahan, malah ditanggung Pemda, sehingga nanti Pemda tidak menganggarkan sesuatu yang serharusnya tidak perlu “Jangan sampai karyawan perusahaan menjadi korban karena mereka tidak didaftarkan menjadi peserta JKN oleh perusahaan tempat bekerja yang seharusnya mereka punya hak dalam hal menadpatkan jaminan kesehatan,’’ ungkap dr Annurman Huda yang ditemui di Kantor Bupati Sumbawa Senin (18/7/2016).

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Sumbawa – Ikhsan Syafitri menambahkan, data dari Menteri Sosial nomor 170 tahun 2015 untuk Sumbawa ada sekitar 172.638 jiwa penerima KIS. Dari jumlah itu, saat ini akan didistribusikan KIS 8.479 orang. Artinya, ini untuk pertama kali pendistribusian KIS melalui Disos. Karena selama ini langsung ke sasaran. “Yang menyulitkan kami kalau langsung ke sasaran, yakni saat mengontrol sejauh mana KIS itu sudah sampai atau tidak, siapa penerimanya dan lainnya. Bahkan untuk kita lakukan evaluasi kebijakan pun agak sulit. Dengan adanya kerjasama ini, kita bisa mengoptimalkan tenaga kesejahteraan sosial di masing-masing kecamatan untuk pendistribusiannya. Sehingga efektifitas dari penyampaian KIS ini bisa lebih optimal,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *