Alat Kedokteran Senilai Ratusan Juta Gagal Lelang

Sumbawa, PSnews – Hingga triwulan ketiga tahun 2017 ini, dipastikan ada paket pengadaan barang yang gagal lelang. Itu adalah alat kedokteran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa senilai ratusan juta, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan kegagalan ini tidak memungkinkan untuk dilakukan lelang ulang.

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa – Abdul Malik yang dikonfirmasi wartawan Senin (16/10/2017) menjelaskan, alat kedokteran yang gagal lelang tesebut nilainya Rp 425 juta. Kepastian gagalnya diketahui sejak September lalu, akibat tidak ada yang mengupload dokumen penawaran. ‘’Dari hasil kajian tekhnis tentang dokumen, pada saat perencanaan besaran anggarannya berdasarkan e-katalog. Tapi tahun ini tidak muncul. Makanya begitu dilelang harganya sangat mepet, tidak ada orang yang mengupload,’’ terangnya.

Dilihat dari segi waktu, lanjut Malik, paket ini masih memungkinkan jika dilelang ulang. Namun karena ada aturan DAK, per tanggal 31 September tidak diperbolehkan lagi melakukan lelang ulang. Sesuai hasil rapat besama BPKAD, dengan tidak bisanya dilakukan lelang ulang, maka DAK ini akan dikembalikan.

Selain paket ini, tambahnya, ada dua paket lain yang saat ini sedang dalam proses lelang, yakni pengadaan sepeda motor trail Bagian Umum Setda Sumbawa. Dari hasil konfirmasi, rencananya Senin kemarin kembali dilakukan lelang kedua. Setelah sebelumnya terjadi gagal lelang, karena tidak ada yang mengupload penawaran. Kemudian paket lain yakni aprisal penilaian tanah Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan. Dalam waktu dekat paket ini akan segera ditentukan pemenanngnya. Karena banyak yang mengupload penawaran, tinggal dinilai pihak mana yang layak menjadi pemenang. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *