Jalan Lunyuk Longsor, BJP Pulau Sumbawa Turunkan Alat Berat

Sumbawa, PSnews – Dalam beberapa hari terakhir, di Kecamatan Lunyuk terjadi tanah longsor yang mengakibatkan ruas jalan Sumbawa – Lunyuk terutama di Kilometer 69 – 70 menjadi tertutup dengan tanah dan batu. Hal ini pun membuat arus transportasi ke wilayah tersebut menjadi terhambat. Sehingga pihak Balai Jalan Provinsi Pulau Sumbawa pun sudah menurunkan alat berat untuk melakukan penanganan.

Sebagaimana diungkapkan Kepala BJP Pulau Sumbawa – Jamaluddin kepada media ini Selasa (7/2/2017). Upaya penanganan terhadap jalan di wilayah Lunyuk yang tertutup tanah longsor ini sudah beberapa kali dilakukan. Bahkan menurut data yang diterima, lokasi longsor yang ditangani bukan saja di wilayah Kabupaten Sumbawa, tapi juga ada di Bima dan KSB. “Untuk di Lunyuk itu sudah kita turunkan alat berat. Kemarin sempat kerja, sudah selesai dikerjakan, tapi longsor lagi, kerja lagi, longsor lagi. Yang itu-itu saja kita kerjakan,’’ tuturnya.

Menurutnya, bencana tanah longsor ini harus menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi NTB. Artinya perlu disediakan anggaran untuk penanganan pasca terjadinya tanah longsor, sebab sejauh ini hal tersebut belum dianggarkan. Untuk penanganan yang dilakukan, pihaknya harus mencari dana lain agar penanganan bisa dilakukan. ‘’Perlu ada anggaran khusus. Kita dilapangan ini terus terang semampunya. Karena anggaran longsor ini tidak ada didalam anggaran kita. Mudah-mudahan disipakan anggaran pasca longsor ini oleh Pemprov NTB. Anggaran yang digunakan saat ini kita pakai anggaran yang ada, kita pinjam-pinjam dulu. Kalau tidak begitu, tidak bisa lewat masyarakat di jalan itu,’’ tukasnya.

Bahkan pihaknya mengaku segera bersurat ke Dinas PU NTB, agar bisa dianggarkan untuk penanganan pasca longsor. ‘’Kita bersurat supaya ada solusi dari PU Provinsi NTB. Supaya longsor-longsor itu bisa tertangani. Apakah masuk dalam anggaran longsor atau bencana alam atau apapun namanya, supaya masyarakat bisa kembali melalui jalan tesebut. Itu bukan termasuk bencana alam. Kalau bencana alam, ada anggaran khusus dari BPBD. Ini longsor dan parah juga akibatnya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *