Mensos Tekankan Pencairan Rastra Harus Maksimal

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah yang menjalankan program beras sejahtera (Rastra). Untuk itu Menteri Sosial RI Hj Khofifah Indar Parawansa menekankan agar melakukan pencairan rastra ini harus terus dimaksimalkan.

“Mudah-mudahan pencairan rastra ini dapat terus dimaksimalkan kepada 34.040 penerima manfaat di Kabupaten Sumbawa,’’ kata Mensos Khofifah saat berkunjung ke gudang Bulog di wilayah Labuhan Sumbawa Sabtu (21/1/2017).

Dalam kesempatan itu, Mensos juga menyempatkan diri berinteraksi dengan masyarakat yang hadir. Sejumlah pertanyaan disampaikan terutama terkait penyaluran rastra. Informasi yang diterima dari masyarakat tersebut, kalau mereka menerima rastra setiap bulan dengan jumlah 15 kilogram dan kondisi berasnya layak dikonsumsi. “Harapan kami bahwa ini semua akan membantu peningkatan kalori dari keluarga ibu, bapak sekalian. Mudah-mudahan bermanfaat. Kalau sekarang melalui beras sejahtera, mudah-mudahan ini akan menjadi penggerak dari terwujudnya kesejahteraan keluarga bapak ibu sekalian,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Divre Bulog NTB – Ahmad Ma’mun dalam laporannya mengatakan, untuk penyaluran rastra tahun 2016 di Kabupaten Sumbawa sudah 100 persen, dan tidak ada tunggakan dalam penyalurannya. ‘’Terima kasih atas kesemaptan Ibu bisa hadir. Terutama bagi warga NTB. Ibu Menteri dapat berkenan hadir sampai tiga kali di NTB dalam tenggat waktu satu bulan. Waktu peluncuran e-warung, bencana bima, dan sekarang di Sumbawa. kepada Pak bupati juga kami sampaikan terima kasih. Realisasi pengadaan di Sumbawa telah menjadi sumber pangan nasional. Kemarin 32 ribu kami melakukan penyerapan di Sumbawa. Sementara kebutuhan di lokal Sumbawa itu hanya sekitar 7.000 ton. Jadi ada sisa yang kita kirim ke NTT, DKI dan Mataram,’’ terangnya.

Sementara Bupati Sumbawa – M Husni Djibril menyatakan, rasta bagi keluarga penerima manfaat tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran pada keluarga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan. Pada tahun 2016 jumlah pagu rasta Kabupaten Sumbawa sebesar 30.945 RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat), jadi masing-masing RTSPM mendapat 15 Kg. Sehingga total pagu rastra perbulan untuk Kabupaten Sumbawa 464.175 Kg atau 5.570.100 Kg untuk tahun 2016. Jumlah pagu rastra di Kabupaten Sumbawa telah terlaksana 100 persen. “Merujuk Keputusan Mensos tentang penetapan jumlah keluarga penerima manfaat beras sejahtera tahun 2017, bahwa jumlah pagu rastra untuk Kabupaten Sumbawa meningkat sebanyak 3.095 KPM yang semula 30.945 menjadi 34.040 KPM. Jadi kita bersyukur sebagai masyarakat Sumbawa atas perhatian dari Ibu Menteri,’’ pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Mensos Khofifah, Bupati Sumbawa, dan Kepala divre Bulog NTB memberikan bantuan rastra kepada para RTSPM. Yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau gudang Bulog di wilayah Labuhan Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *