Moment HUT Sumbawa Harus Dijadikan Ajang Antisipasi Gangguan KAMTIBMAS

Sumbawa, PSnews – Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa ke – 58, yang diperingati pada Minggu (22/01), merupakan momentum untuk melakukan berbagai kegiatan positif bagi kemajuan Tau dan Tana Samawa.Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad Suhanda SIK mengatakan Jumat (20/01) mengatakan, moment HUT Sumbawa harus dijadikan ajang untuk mengantisipasi berbagai gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS) di Kabupaten ini. Dengan pelaksanaan HUT Kabupaten Sumbawa, dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini dengan melaksanakan kegiatan – kegiatan positif.
“Sebagai masyarakat yang maju, sebagai Tau Samawa yang baik, mari kita jaga daerah ini dengan tidak melakukan hal – hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Mari kita pertahankan Kabupaten Sumbawa agar selalu dalam suasana yang aman, nyaman dan kondusif,” ajak Kapolres.

Ia menyinggung soal kemajuan serta perkembangan tekhnologi dewasa ini yang hampir semua masyarakat menggunakan media sosial. Meski demikian, masyarakat harus bisa menggunakan media sosial dengan baik dan benar dengan tidak mengganggu kondusifitas daerah. Kepada masyarakat yang menggunakan media sosial, diminta agar tidak memposting hal-hal yang bisa memicu gejolak di masyarakat.

Selanjutnya, diminta agar jangan membuat pernyataan – pernyataan yang dapat merubah kondisi Kabupaten Sumbawa yang damai menjadi sebaliknya. Begitu juga dengan masyarakat yang membaca atau menerima pesan siaran yang isinya kurang mengenakkan, diminta untuk tidak meneruskan. Terlebih meneruskan pernyataan yang berbau provokatif atau membuat gerakan yang tidak sesuai aturan sehingga berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan.
“Masyarakat harus selektif, mampu menelusuri asal informasi tersebut. Jangan cepat terprovokasi, sebab informasi tersebut belum tentu jelas kebenarannya,” tegas pejabat yang rendah hati ini.

Menurut pejabat yang juga aktif di Facebook dengan nama Muhammad Suhanda ini, sekarang banyak postingan yang beredar di dunia maya dan sangat sulit untuk dikendalikan, meski polisi sudah memiliki patroli cyber.
“Di Mabes Polri sudah dibentuk Direktorat Cyber guna menyikapi banyaknya kejahatan di dunia maya, sehingga institusi kepolisian telah memiliki Direktorat Cyber tersendiri yang menangani masalah cyber crime,” ungkap Kapolres.
Karena itu, ia mengajak semua pihak agar melalui momentum HUT ke-58 Kabupaten Sumbawa ini supaya dapat memperkuat silaturahim dan kebersamaan dalam menjaga Kabupaten Sumbawa yang aman, damai dan sejahtera.
“Dengan memperkuat silaturahim, maka akan memperkuat rasa kesatuan dan persatuan, sehingga apa yang menjadi visi misi pemerintah Kabupaten Sumbawa menuju Samawa Hebat Bermartabat dapat terwujud,” himau Kapolres. (PSj)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *