Tim Opgab Amankan Puluhan Batang Kayu Jati Olahan

Sumbawa, PSnews – Operasi yang dilakukan oleh Tim Operasi Gabungan (Opgab) yang terdiri dari aparat Kepolisian, TNI dan KPHP Batulanteh untuk memberantas pembalakan liar yang terjadi di Sumbawa, berhasil mengamankan puluhan batang kayu jati olahan dengan berbagai ukuran. Operasi pada hari pertama, Minggu (25/12) di kawasan Gili Ngara, Kecamatan Moyo Hilir, berhasil mengamankan sedikitnya 47 batang kayu jati olahan. Kemudian operasi hari kedua, Senin (26/12) di kawasan Buin Sowai, Desa Semamung, Kecamatan Moyo Hulu, Tim Opgab menyasar dua lokasi di kawasan tersebut, yakni lokasi Uma Petung dan lokasi Batu Lebuk. Di lokasi ini tim berhasil mengamankan sebanyak 28 batang kayu jati olahan.

Kepala KPHP Batu lanteh, Julmansyah, S.Hut kepada wartawan Selasa (27/12) menegaskan bahwa KPHP bersama Kepolisian dan TNI sampai akhir tahun akan terus melakukan operasi gabungan sebagai bentuk tindaklanjut dari MoU yang telah ditandatangani Gubernur bersama Kapolda, Danrem, dan Kajati NTB untuk percepatan pemberantsan penebangan liar.
“Tahun 2017 mendatang secara lebih operasional akan terus dibangun kerjasama seperti itu,” tegasnya.

Kayu jati olahan diamankan petugas

Kasi Pengendalian dan Pemantauan Hutan KPHP Batulanteh, Habibi, S.Hut menyebutkan, operasi yang dilakukan melibatkan 4 personil kepolisian, 3 personil TNI, serta 15 personil KPHP. Dalam operasi itu tim Opgab menemukan modus operandi pelaku menggunakan kapak.
Saat operasi, pelaku tengah melakukan penebangan sehingga sempat melakukan pengejaran. Namun karena medan yang begitu berat, sehingga pelaku berhasil lolos. Meski demikian, tim berhasil mengamankan 28 batang kayu jati olahan dengan berbagai ukuran.
“Saat ini kami sudah memetakan daerah atau wilayah kawasan hutan yang rawan aktifitas ilegal logging,” tandasnya. (PSj)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *