Jembatan Limpas Brang Ode Alas Akan Dijadikan Rangka Baja

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengunjungi lokasi banjir di Kecamatan Alas, Selasa (13/12/2016). Termasuk mengecek kondisi jembatan limpas Brang Ode di Dusun Baru Desa Kalimango, yang dinilai tidak cocok dengan kondisi sungai setempat. Sehingga ada keinginan jembatan limpas tersebut dirubah menjadi jembatan rangka baja.

Bupati bersama Ketua DPRD Sumbawa, Kepala Dinas PU, Camat Alas, serta pihak terkait lainnya meninjau kondisi masyarakat yang menjadi korban genangan banjir yang merendam ratusan rumah di beberapa desa. Untuk jembatan limpas di Brang Ode, dianggap hanya menyelesaikan masalah terkait jalan penghubung saja, namun tidak soal luapan air saat musim hujan. Karena biar berapapun tinggi tiangnya, tetap saja akan menghadang benda yang melintas dibawah saat terbawa arus air. Belum lagi adanya batang pohon yang terbawa banjir, melintang di jembatan. ‘’Bentangan tiangnya hanya berjarak lima meter. Ketika air besar, maka luapannya bisa sampai kedalam kampung. Apalagi ini kejadian yang sudah berulang-ulang setiap tahunnya,’’ tutur Bupati.

Untuk itu, Bupati sudah minta ke Kadis PU agar bisa meningkatkan status jembatan limpas tersebut menjadi jembatan rangka baja. ‘’Nilainya kurang lebih Rp 5 miliar, itu sangat murah ketimbang korban masyarakat yang jauh lebih besar. Itu makanya saya sudah perintahkan Kadis PU bersama Pak Camat dan Kepala Desa untuk segera membuat laporan, kemudian masuk dalam perencanaan di 2017. Apakah nanti kita bangun di APBD perubahan, kalau dimungkinkan waktu, atau di APBD 2018. Solusinya satu-satunya membuat jembatan rangka baja,’’ tukasnya.

Informasi yang diperoleh terkait banjir tersebut, jumlah korban yang rumahnya terendam banjir mencapai 372 KK, dengan rincian untuk Desa Kalimango ada 90 KK (360) jiwa, Desa Baru 179 KK (780 jiwa), Desa Luar 25 KK (75 jiwa), dan Desa Dalam 78 KK (280 jiwa). Para korban genangan saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing. Pemda pun telah memberikan bantuan kepada korban banjir. ‘’Masyarakat harus tetap waspada. Kalau ada tanda-tanda akan banjir, segera menyingkir,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *