Distan-TPH Lakukan Evaluasi Pasca Panen 2016

Sumbawa, PSnews – Memasuki akhir tahun 2016, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kabupaten Sumbawa sedang melakukan evaluasi terhadap seluruh bidang, salah satunya terkait pasca panen.

Kepada wartawan, Kabid Pasca Panen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Distan-TPH – H Sahri mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan evaluasi terkait alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.

Dimana sejauh ini, lanjut Sahri, ada sekitar 190 unit Alsintan berupa alat pemipil jagung, mesin penggiling padi, power trasher multiguna, mesin pengolahan hasil serta lainnya, yang diberikan kepada kelompok tani di seluruh kecamatan. Total bantuan tersebut sekitar Rp 12 miliar dari APBN. “Alat tersebut disebar di seluruh kecamatan. Pengadaannya di Pemprov, kita di kabupaten hanya mendistribusikan saja,’’ terangnya.

Dijelaskan, evaluasi yang dilakukan terhadap Alsintan tersebut diantaranya apa saja kendala yang dihadapi, alat itu sudah digunakan atau belum, sejauh mana pemanfaatannya bagi kelompok tani, termasuk apakah alat yang diberikan itu masih ada atau tidak.
“Hasil evaluasi sementara tidak ada temuan. Dari beberapa lokasi yang kita survey, semua alat masih dipakai dan berfungsi,’’ ungkapnya.

Bahkan dalam bulan ini ada datang bantuan dari KPDT berupa mesin panen power trasher multiguna sebanyak 10 unit. Mesin tersebut telah disalurkan ke 10 kelompok tani yang ada di Kecamatan Alas Barat, Lunyuk Plmapang, Rhee, Labuhan Badas dan lainnya. “Kita terimanya dalam bentuk barang dan sudah kita salurkan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *