Disnakeswan Siap Tambah Populasi Kerbau di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Adanya harapan Bupati Sumbawa agar ada penambahan populasi kerbau di Kabupaten Sumbawa langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Sumbawa – Talifuddin. Pihaknya mengaku siap melaksanakan hal tersebut dengan menjalankan berbagai program.

“Melalui kebijakan saya, setelah pak Bupati ngomong bagaimana supaya populasi kerbau itu bertambah, ya mulai tahun depan kita programkan penambahan populasi,’’ kata Talif kepada wartawan.

Salah satu program yang akan dijalankan untuk menambah populasi kerbau di Sumbawa yakni, dengan menambah induk kerbau melalui pengadaan. Harapannya kedepan, jumlah kerbau di Kabupaten Sumbawa tidak berkurang. Paling tidak nantinya bisa seimbang, artinya tidak ada kenaikan atau penurunan, meskipun terjadi penjualan. “Jelas itu menjadi perhatian saya kedepan supaya kerbau itu tidak minus. Sekarang kan minus dua persen,’’ tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan terus memotivasi masyarakat untuk mau memelihara kerbau. Apalagi nilai jual kerbau tidak kalah dengan sapi. Termasuk daya tarik dari kebudayaan barapan kebo akan terus dipertahankan. Sehingga berbanding lurus animo masyarakat terhadap peningkatan populasi.
“Inilah kita motivasi mereka, supaya kerbau itu berjaya seperti tahun-tahun yang dulu. Itu yang kita tanamkan kepada masyarakat, supaya mereka mau memelihara kerbau dengan baik, mengembangkan dengan baik, sehingga jumlah populasi di setiap wilayah juga bertambah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *