Kepala Dikes : Hindari Pengurusan BPJS Melalui Calo

Sumbawa, PSnews – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa – Didi Darsani meminta masyarakat untuk menghindari pengurusan pembuatan kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) melalui calo karena amat rentan dengan penipuan. Seperti yang terjadi di beberapa daerah, ditemukan adanya kartu BPJS palsu.

“Masyarakat agar lebih berhati-hati terkait pengurusan BPJS Kesehatan. Jangan melalui calo,’’ tuturnya kepada wartawan.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya kartu BPJS palsu du Kabupaten Sumbawa. Sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Ia menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan pengurusan sendiri langsung ke kantor BPJS. “Memang belum ada laporan kasus itu di Sumbawa. Untuk menghindari pemalsuan, seharusnya pengurusan dilakukan di kantor BPJS,’’ terangnya.

Terhadap hal itu, pihaknya meminta kepada pihak BPJS, khususnya di Sumbawa untuk segera melakukan sosialisasi ke masyarakat. Hal itu penting dilakukan sehingga pemahaman masyarakat tentang BPJS akan lebih meluas. “Palsu tidaknya kartu BPJS baru ketahuan saat akan digunakan. Sekalipun memiliki kartu tetapi tidak terdaftar dalam system, maka peserta tidak dapat dilayani. Tapi walaupun belum memegang kartu tetapi namanya sudah terdata peserta, maka yang  bersangkutan bisa dilayani berobat,’’ tukasnya.

Untuk kepesertaan BPJS bagi masyarakat kurang mampu, lanjut Didi, pihaknya melakukan membangun koordinasi dengan Dinas Sosial. Terutama menyangkut data-data warga kurang mampu. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *