Dana BOK 2016 Mulai Disalurkan ke 25 Puskesmas

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa mulai mencairkan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) ke 25 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa. Setiap Puskesmas akan menerima dana dengan jumlah yang berbeda sesuai variabel yang telah ditentukan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dikes – Junaidi kepada Pulau Sumbawa News, Rabu (8/6/2016). Sebelumnya pengelolaan BOK melalui dana Tugas Pembantuan (TP) dari Pemerintah Pusat. Sementara tahun ini BOK masuk melalui DAK non fisik, dengan total sekitar Rp 6 miliar.

Sebelum pencairan, lanjut Jun, Puskesmas terlebih dahulu harus mengajukan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan. Usulan tersebut kemudian diverifikasi oleh tim BOK yang dibentuk Dinas Kesehatan. Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, baru dana tersebut dikirim ke masing-masing Puskesmas.

Diungkapkan, pencairan dana BOK awalnya masuk ke rekening Dinas Kesehatan. Baru kemudian didistribusikan ke seluruh puskesmas sesuai dengan variabel yang ada. Seperti menurut jumlah penduduk, luas wilayah, daerah terpencil, jumlah kegiatan yang mereka lasanakan, serta lainnya. “Mulai tahun ini, pengelolaan BOK melalui DAK non fisik dan masuk menjadi komponen APBD. Begitu pencairan APBD sekitar bulan maret, itu baru bisa didistribusikan,’’ ungkapnya. Seraya menambahkan, dalam minggu ini dana BOK sudah bisa dicairkan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *