Dewan Minta Distamben Petakan Alokasi PLTS

Sumbawa, PSnews – Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Sumbawa diminta untuk melakukan pemetaan terhadap alokasi bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Permintaan tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPRD Sumbawa – Abdul Rafik, saat ditemui wartawan usai pertemuan dengan pihak terkait, Selasa (19/4/2016).

Menurutnya, tujuan dilakukannya pemetaan tersebut untuk mengetahui secara jelas adanya kerangka acuan ke mana alokasi bantuan itu diserahkan. Termasuk apakah bantuan PLTS yang diberikan tersebut betul-betul tepat sasaran apa tidak. “Dari pemetaan itu nanti bisa diketahui daerah mana saja yang sudah mendapatkan bantuan PLTS,’’ terangnya.

Dari hasil pertemuannya dengan Kabid Pengembangan Energi Distamben Sumbawa – Ardianto, diketahui ada sekitar 57 rumah di Desa Baturotok Kecamatan Batulanteh yang belum mendapatkan bantuan PLTS. Sehingga diupayakan pada 2017 mendatang semuanya sudah dapat terpenuhi.
“Harus jelas mana warga yang pantas dan layak membutuhkan program ini maka itulah yang dibantu. Jangan asal memberikan bantuan saja, tapi arahnya tidak jelas,’’ tukas Rafik.

Pihaknya berharap agar evaluasi terhadap bantuan PLTS ini dapat dilakukan. Sehingga kasus yang terjadi di Desa Mungkin tidak terulang kembali, dimana oknum Kades dan stafnya diduga melakukan pemungutan biaya. Padahal bantuan tersebut gratis bagi masyarakat di desa terpencil. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

3 thoughts on “Dewan Minta Distamben Petakan Alokasi PLTS

  • April 21, 2016 at 12:10 am
    Permalink

    Sebagai informasi bahwa di desa Tepal, dusun talagumung ada 27 KK,, 1 mesjid dan 1 sekolah, belum punya penerangan / Listrik.mohon dgn hormat pak kadis Distamben

    Reply
  • April 21, 2016 at 12:12 am
    Permalink

    Sebagai informasi bahwa di desa Tepal, dusun talagumung dgn jumlah penduduk 27 KK,, 1 mesjid dan 1 sekolah, belum punya penerangan / Listrik.mohon dgn hormat pak kadis Distamben

    Reply
  • April 22, 2016 at 2:16 pm
    Permalink

    Plts seharusnya tepat sasaran dan pengawasan langsung dr staekholder yg berada di wilayah itu…konservasi energi ke energi alternatif diprioritaskan utk link sektor pedesaan dg ketidakjangkauan pt.pln sumbawa.semoga pt.pln semakin memperbaiki kinerja kedepannya. Pembangunan sutt sekarang ni berdampak pada solusi daerah daerah terpencil dapat terpenuhi kebutuhan daya listrik dan pemerataan kebutuhan listrik…semoga daerah kita semakin maju

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *