KPU Sumbawa Gelar “Internal IT Training” bagi Staf

Sumbawa, PSnews – Sumber daya manusia menjadi yang handal dan terampil faktor utama dalam pelaksanaan tugas-tugas sebuah lembaga, dalam hal ini lembaga pemerintah untuk mewujudkan azas dan prinsip Good Governance yang kini diusung seluruh jajaran pemerintah kita. Khususnya KPU sebagai lembaga negara yang diamanatkan Undang-undang dalam penyelenggaraan proses demokrasi, diharapkan mampu menyediakan SDM-SDM yang mumpuni dalam mengelola tugas-tugas kepemiluan.Internal IT Training KPU Kabupaten SumbawaSebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparat Sipil Negara, dimana setiap satuan kerja atau jajaran pemerintah diamantkan untuk melakukan upaya penguatan kapasitas kelembagaan. Dalam hal, ini KPU Kabupaten Sumbawa menggelar Internal IT Training bagi pegawai dan staf di jajaran sekretariatnya.
Pelatihan keterampilan teknologi Informasi (IT) bagi staf dan pegawai yang digelar selama tiga hari dimulai sejak Senin (4/4) ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan staf dan pegawai Sekretariat dalam penguasaan tugas-tugas administratif menggunakan aplikasi berbasis komputer dan internet.
“Hal ini tidak hanya untuk mendukung pengelolaan tugas-tugas kepemiluan saja, namun untuk membekali para pegawai dan staf dalam tugas sekretariat lainnya. Sehingga seluruh staf dan pegawai di jajaran sekretariat KPU Kabupaten Sumbawa memiliki pemahaman dan keterampilan yang mampu diandalkan dalam setiap pelaksanaan Pemilu ke depannya. Ini merupakan salah satu amanat Undang-undang ASN,” ujar Lahmuddin SE, Sekretaris KPU kabupaten Sumbawa.
Menurutnya, saat ini jumlah pegawai dan staf yang menguasai IT dan handal di bidang itu masih sangat terbatas, hal ini terjadi hampir di seluruh satuan kerja di KPU. Sehingga dengan menggelar pelatihan semacam itu, diharapkan KPU Kabupaten Sumbawa tidak lagi mengalami keterbatasan SDM yang mendukung tugas-tugas sekretariat, dengan mengoptimalkan peran fungsi pegawai dan staf yang ada dalam jajaran sekretariat.
Harapannya, lanjut Jude—sapaan akrab Lahmuddin, dengan training ini KPU Kabupaten Sumbawa tidak terlalu menitik beratkan pembebanan tugas berkaitan dengan IT yang sebagian besar atau umumnya selama ini ditangani oleh pegawai-pegawai organik KPU.
“Kami berkeyakinan, setiap pegawai dan staf di jajaran sekretariat kami memiliki potensi yang sama dengan pegawai-pegawai lainnya yang selama ini cenderung menerima beban tugas lebih. Namun saat ini dengan memaksimalkan manajemen sebagai salah satu bentuk penerapan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) di lingkup sekretariat, penguatan kapasitas kelembagaan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” papar Jude.
Pelatihan yang melibatkan tutor internal dari Subag Teknis KPU Kabupaten Sumbawa ini diikuti oleh sedikitnya 10 orang staf dan pegawai di jajaran sekretariat KPU Sumbawa, dipantau langsung Sekretaris KPU Sumbawa disaksikan seluruh komisioner KPU. Adapun materi pelatihan ini meliputi penguasaan aplikasi komputer dan internet serta pembekalan skill administrasi perkantoran dan kepemiluan.
“Dengan training ini kami berharap para staf dan pegawai yang telah dibekali dengan keterampilan IT dapat bekerja secara maksimal dan lebih tekun dalam menjalankan tugas serta lebih disiplin,” tutup Jude.(PSc)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *