Batu Guring Bakal Dijadikan Pusat Wisata Kuliner

Sumbawa, PSnews – Setelah para pengusaha cafe di wilayah Batu Guring Kecamatan Alas Barat menutup tempat usahanya, Pemkab Sumbawa kemudian berencana merubah lokasi tersebut menjadi pusat wisata kuliner. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sumbawa – Amri kepada wartawan media ini Rabu (16/03/2016).

cafe di batu guring
Salah satu cafe di Batu Guring

Rencana tersebut sudah disepakati Camat setempat, bersama instansi terkait lainnya. “Di lokasi perbatasan Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat itu masih minim fasilitas pendukung. Apabila infrstruktur dasar sudah disediakan, maka pengembangan yang lainnya juga akan mengikuti,’’ jelas Amri.

Ia memaparkan, masing-masing dinas yang terlibat akan menjalankan tugasnya sesuai tupoksinya. Untuk tahap awal, dalam waktu dekat Disporabudpar akan membangun baruga di sepanjang lokasi Batu Guring. Begitu juga Dishubkominfo diupayakan membangun dermaga. Termasuk Dinas Kelautan dan Perikanan yang akan menyiapkan perahu bagi para wisatawan yang datang. Untuk kemudian diajak menyeberang dan dapat menikmati indahnya alam di Pulau Panjang dan Pulau Kalong yang berlokasi di Alas Barat. “Lokasi-lokasi inilah yang kita harapkan bisa menjadi daerah wisata minapolitan untuk bisa dikembangkan di Sumbawa,’’ tuturnya.

Pembangunan sektor pariwisata  di Alas Barat ini akan diwujudkan dalam beberapa bulan kedepan. Pihaknya akan mulai mengusulkan anggaran di APBD Perubahan tahun ini. Jika tidak bisa, maka akan diusulkan kembali pada 2017 mendatang. “Itu menjadi prioritas untuk dikembangkan,’’ demikian Amri. (gunk)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *