TNI Bisa Terlibat Dalam Proyek Swakelola

Sumbawa, Psnews – TNI tidak hanya mampu menjaga kedaulatan Negara. Namun juga berwenang menangani pekerjaan proyek swakelola dari pemerintah.  Hal tersebut dianggap tidak menjadi masalah asal memenuhi persyaratan tertentu.

Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 162 Wirabhakti, Kolonel CZI. Lalu Rudy Irham Sri Gede, dalam sosialisasi Proxy War di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Senin (15/02/2016) menerangkan pengalamannya dalam mengurus proyek swakelola di daerah lain, yakni saat membangun tiga bandara di daerah perbatasan.

Danrem mengaku telah berkonsultasi dengan pemerintah dan dinyatakan tidak ada masalah jika TNI khususnya TNI-AD ikut dalam proyek swakelola.
Dirinya sengaja mengutarakan hal tersebut sebagai gambaran kepada Pemda untuk melibatkan TNI dalam upaya membangun daerah secara bersama-sama serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dan itu sudah diatur di UU 34 tahun 2004 pada poin operasi militer selain perang, salah satunya adalah membantu pemerintah dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Rudy.

Kalau di daerah, sambungnya, membantu pemerintah daerah di dalam meningkatkan pembangunan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saya menganjurkan kalau nanti ada TMMD (TNI Maunnggal Membangun Desa) sebaiknya sudah dibicarakan dulu di DPRD untuk melibatkan TNI dalam proyek swakelola,” kata perwira TNI berdarah Sasak ini.

Namun kata Rudy, tentu ada perbedaan dalam praktek lelang dengan proses lelang proyek secara umum. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *