Perkuat ASEAN Melalui AUYS

Sumbawa, Psnews – Ajang ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016 bukan semata-mata sebagai ajang konferensi atau pertemuan biasa. Namun sebagai forum penguatan hubungan antar negara di ASEAN. Hal tersebut terungkap dalam tanggapan para perwakilan delegasi maupun peserta.

Misalnya saja, Namthan Hemmaphatsiri seorang perwakilan dari Rangsit University Thailand, yang menilai bahwa AUYS bukan merupakan pertemuan biasa. Aktvitas yang sudah dilaksanakan membuat hubungan antar negara ASEAN menjadi erat. Dengan demikian, semua negara yang masuk dalam ASEAN bisa menjadi lebih kuat.

Gala Dinner AUYS 2016 (13) (1)Ia mengaku bahwa ini pertama kalinya dia berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti AUYS. Semua mahasiswanya melakukan segala sesuatu yang terbaik dalam kegiatan tersebut.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan selama di Sumbawa sangat menyenangkan. Banyak hal unik yang dijumpai. Seperti memerah susu sapi dan membuat permen susu. Yang paling menakjubkan adalah melihat pacuan kuda. Di Thailand tidak ada hal seperti ini,” kata Sugar demikian ia akrap disapa.

Menurutnya, masyarakat Sumbawa juga sangat terbuka menyambut kedatangan para tamu. Dia berterimakasih kepaada masyarakat Sumbawa secara keseluruhan karena telah menerima semua delegasi dari Thailand. ‘’Thankyou Sumbawa for taking care of us (terimakasih Sumbawa karena telah menjaga serta menerima kami),” kata dia.

Bagi perwakilan tuan rumah AUYS 2017 mendatang, Alyssa Danielle B. Cruz, mahasiswa dari De La Salle university, Dasmarinas Philipina, bahwa semua kegiatan dalam AUYS 2016 sangat bagus. Kegiatannya juga dipersiapkan dan diakomodasi dengan baik.

Sebagai tuan rumah di AUYS berikutnya, tentu hal tersebut akan menjadi bagi mahasiwa di negaranya. Lagi pula, semua yang diuguhkan selama di Sumbawa merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

‘’It’s a challenge. Because everything were prepared so weel in here (Ini adalah tantangan. Sebab segala sesuatu yang telah disiapkan di sini sangat bagus),” demikian Alyssa.

Tahun depan menurut Alyssa, pihkanya akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk para peserta. Sebab, kegiatan ini juga untuk memperkuat hubungan antar negara di ASEAN. Menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), sehingga semua negara di ASEAN harus kuat.

Alyssa mengaku selama berada di Sumbawa ia begitu terkesan terhadap keramah tamahan masyarakat Sumbawa. Sebab, jika dilihat dari sambutan penerimaannya, masyarakat Sumbawa sangat terbuka dengan pendatang. ‘’Everybody are very friendly and wellcoming us (Semua masyarakatnya sangat ramah dan menyambut kami dengan baik),” imbuhnya.

Pihaknya akan mengemas kegiatan AUYS dengan sedemikian rupa, supaya dapat diketahui oleh banyak orang dan berimbas semakin banyaknya peserta yang akan datang. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *